oleh

Camat Abra Ajak Warga Cimanggis Siasati Bencana

DEPOK – Bukan Depok kalau tiba musim penghujan bebas banjir maupun genangan di setiap tempat. Depok sejak dulu memang dikenal sebagai kawasan rawan bencana (banjir dan genangan). Kondisi ini terjadi disebabkan dua hal: pertama karena faktor alam dan kedua karena masalah kebersihan.

Faktor pertama dikarenakan kondisi Kota Depok yang tidak rata seperti kebanyakan kota-kota besar lainnya. Hal itu sangat mudah terjadi genangan kala musim penghujan. Selain itu, sistem drainase yang bermasalah juga dianggap sebagai penyebab tambahan.

Baca Juga:  Kebiasaan Buruk Ini jadi Pemicu Banjir di Kota Cimahi

Tidak hanya itu, Kota Depok juga secara geografis terletak di antara Kota Bogor dan Jakarta. Dan lazim diketahui, Bogor merupakan sumber aliran air untuk kedua kota tersebut.

Dengan begitu, potensi banjir di Depok dan Jakarta disebabkan aliran air dari puncak Bogor menuju Jakarta melalui Depok sangat besar.

Kedua, karena faktor kebersihan lingkungan. Hal ini juga yang kini diserukan oleh Camat Cimanggis, Abdul Rahman kepada warganya agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, utamanya kebersihan pada saluran air (drainase).

Baca Juga:  Hadapi Musim Hujan, Begini Langkah BPBD Kabupaten Bandung Antisipasi Bencana

“Kini sedang memasuki musim penghujan, bencana banjir dan genangan bakal terjadi di sejumlah titik di Cimanggis. Untuk itu, warga diharapkan menjaga kebersihan selokan dan saluran air untuk mencegah terjadinya banjir ataupun genangan,” katanya, Selasa (21/9).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga