Mengenal 4 Metode Transfer Antar Bank, Mana yang Lebih Praktis?

Perkembangan zaman hingga saat ini membuat semua rutinitas manusia tergantung pada jaringan internet. Terlebih di masa pandemi seperti ini. Setiap individu sedapat mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah. Tak terkecuali ketika bertransaksi keuangan untuk berbagai keperluan. Seperti transaksi jual beli, pembayaran rutin, dan juga saat harus transfer antar bank untuk rekan atau keluarga.

Mengenal 4 Metode Transfer Antar Bank

Macam-macam kebutuhan transaksi keuangan yang paling banyak dilakukan, dan sudah menjadi suatu rutinitas harian adalah pengiriman uang. Yaitu perpindahan sejumlah uang dari rekening bank pengirim, kepada rekening tujuan. Ada empat metode transfer uang yang sering digunakan oleh masyarakat berbagai kalangan.

1.  Melalui Bank

Di sini Anda melakukan transaksi transfer dengan cara mendatangi bank langsung, dan melakukan pengiriman uang melalui petugas bank atau teller. Setelah Anda mengisi formulir pengiriman, menyerahkan uang, lalu petugas bank mencatat transaksi transfer. Dan dalam waktu singkat kiriman uang Anda pun sampai ke rekening tujuan. Metode transfer seperti ini biasanya dilakukan ketika Anda harus mengirim uang dalam jumlah nominal yang cukup besar.

2. ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Fasilitas berbentuk mesin yang disediakan oleh bank di berbagai tempat strategis demi mempermudah nasabah melakukan transaksi keuangan sendiri. Kerap ditemui seperti seperti pusat perbelanjaan, ruko, rumah sakit dan lain-lain disediakan dekat dengan aktivitas publik.

Fasilitas ATM ini, Anda dapat melakukan berbagai transaksi seperti mengecek saldo, membayar tagihan, menyetorkan uang ke rekening, termasuk transfer antar bank. Anda hanya perlu mendatangi ATM bank, memasukkan nomor PIN, memilih transaksi dan mengikuti instruksi yang diberikan. Alhasil kiriman uang Anda pun akan segera sampai ke rekening tujuan.

3. Internet/m-Banking

Adalah fasilitas dari pihak bank, untuk memudahkan Anda melakukan berbagai transaksi keuangan dengan berbekal gadget dan koneksi internet. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, Anda diharuskan mengunduh aplikasi Internet/ m-Banking dari bank yang Anda miliki. Lalu mendaftar kepada pihak bank, untuk mendapatkan login dan password agar dapat membuka aplikasi.

Setelah seluruh syarat pendaftaran terpenuhi, Anda dapat bertransaksi keuangan hanya melalui gawai, termasuk transfer uang. Khusus untuk transaksi transfer uang, Anda diharuskan membayar biaya administrasi sesuai ketentuan ketika berbeda bank.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan