oleh

Tak Hanya Jinakkan Si Jago Merah, Kepala UPTD Damkar Tanjungsari Jelaskan Tugas Lain Pemadam

SUMEDANG – Kepala Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pemadam Kebakaran Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Yudi paparkan tugas Damkar.

Yudi menjelaskan, selain menjinakkan si jago merah, Pemadam Kebakaran juga bertugas melayani masyarakat dalam kesulitan.

“Untuk tugas Pemadam Kebakaran sendiri banyak yang dapat dikerjakan tugasnya sebagai pelayanan masyarakat,” kata Yudi kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Kamis (16/9).

Menurut Yudi, sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tugas Damkar selain memadamkan api atau kebakaran.

“Kita juga lakukan tugas jika ada panggilan ular masuk rumah, atau sarang tawon (lebah) yang mengganggu, kita singkirkan,” ujar Yudi.

“Bahkan sempat kita dapat panggilan buat nyelametin kucing. Waktu itu posisinya kucing jatuh ke dalem sumur, alhamdulillah terselamatkan,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Yudi menuturkan, sebagai bentuk keamanan masyarakat perlu memperhatikan setiap aspek pemicu kebakaran.

“Antisipasi pencegahan kebakaran, warga perlu memperhatikan setiap aspek pemicu. Umumnya arus pendek listrik,” pungkas Yudi.

Maka dari itu, dia berujar, masyarakat secara perlu rutin melakukan pengecekan kabel yang digunakan sehari-hari.

“Pelingdung tembaganya itu yang karetnya kalau sudah rapuh baiknya diganti. Jangan terlalu banyak kombinasi colokan di satu kontak karena itu sering jadi pemicu juga,” imbuh Yudi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga