Pemkot Bandung Kembali Terapkan Ganjil Genap di 5 Gerbang Tol Ini

BANDUNG – Penerapan aturan ganjil genap di 5 gerbang tol menuju Kota Bandung kembali dilaksanakan pada Jumat (17/9) hingga Minggu (19/9) nanti. Kelima gerbang tol tersebut yakni gerbang Tol Pasirkoja, Pasteur, Buahbatu, M. Toha, dan Kopo.

Sebelumnya, kebijakan ganjil genap ini rencananya akan diperluas tak hanya di gerbang tol, namun juga di jalan arteri menuju Kota Bandung seperti di Cibiru, Cibeureum, dan Ledeng.

Namun, saat Jabar Ekspres mengonfirmasi kepada Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, penambahan jumlah titik penerapan ganjil – genap belum dilaksanakan.

“Jadi rencana penambahan atau perluasan titik seperti di jalan arteri itu enggak jadi,”katanya saat dihubungi pada Jumat, (17/9).

Batalnya penambahan titik ganjil genap tersebut, menurut Asep, karena situasi masih terkendali.

“Masih terkendali untuk penerapan ganjil genap. Karena dari wilayah timur ada juga yang dari Polresta Bandung. Dari barat ada juga ganjil genap dari Polres Cimahi. Begitu juga dari arah utara, itu sama dari Polres Cimahi,”terangnya.

Penerapan kebijakan ganjil – genap di gerbang tol menuju Kota Bandung tetap sama seperti sebelumnya. Berlaku selama akhir pekan, mulai pukul 6.00 WIB sampai 21.00 WIB.

“Jadi pelaksanaannya itu masih sama kaya kemarin. Wktunya juga masih sama, dari Jumat sampai Minggu,”jelasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Polrestabes Bandung mengakui, kebijakan tersebut berhasil menekan mobilitas kendaraan yang hendak memasuki kota Bandung.

Dishub Kota Bandung mencatat, pekan kedua, 4.518 kendaraan roda empat dengan plat nomor luar yang akan ke Kota Bandung telah diputarbalikkan.

“Jadi total kendaraan dari 5 gate tol itu sebanyak 19.670 yang diperiksa. Dan yang diputarbalik ada 4.518,” tutur Asep beberapa waktu lalu. (Mg4)

Tinggalkan Balasan