Upaya Pulihkan Ekonomi Daerah, Bupati Bandung Minta Perbankan Permudah Proses Kredit

Kang DS mengatakan, di masa seperti ini, keterampilan dan kerja keras harus terus dikembangkan. Karena menurutnya, hal itu mampu membuat para pelaku UMKM bangkit dari keterpurukan.

Dengan bantuan dari para pengurus Dekranasda, Kang DS berharap keterampilan bisa terus diasah hingga para pelaku UMKM akan menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

“Dekranasda sebagai motor penggerak yang handal, dituntut untuk bisa mendukung kemandirian perekonomian masyarakat. Mengembangkan inovasi dan kreativitas serta menciptakan SDM yang unggul,” tuturnya.

Selain pelantikan 60 orang pengurus yang dilakukan Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung, Emma Dety Dadang Supriatna tersebut, dilakukan pula soft launching website Dekranasda Kabupaten Bandung. Kang DS mengapresiasi salah satu inovasi tersebut. Menurutnya, platform itu akan sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha.

“Dengan berbagai fasilitas, seperti pelatihan serta pembinaan, fasilitasi produksi, kemitraan hingga promosi, pengrajin di Kabupaten Bandung dapat meningkatkan kreativitasnya dalam berkarya. Website ini juga dapat membantu dari sisi pemasarannya,” tutur Kang DS.

Sementara itu Emma Dety menginginkan ke depan, dekranasda bisa menghadirkan gerai di setiap kecamatan. Terlebih saat ini, sektor pariwisata mulai menunjukan tanda-tanda akan menggeliat lagi.

“Dengan tersedianya gerai, akan membantu membangkitkan usaha para pelaku UMKM di masing-masing wilayah,” imbuh Emma Dety.

Dia pun berharap, kepengurusan Dekranasda bisa menjadi penggiat, berperan aktif membantu para pelaku UMKM khususnya dalam mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf).

“Para pengurus Dekranasda harus bisa memetakan pelaku UMKM di setiap kecamatan. Ada puluhan bahkan ratusan produk di setiap kecamatan. Untuk itu jajaran pengurus harus bekerjasama dalam tim yang solid, karena dibutuhkan energi yang besar untuk mengatasi persoalan-persoalan dalam menciptakan perubahan. Semuanya harus selaras dan bersinergi, terlebih pada masa pandemi yang sangat berat ini,” imbuhnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan