oleh

Beban Listrik Penerangan Jalan di Cimahi Capai Rp 700 Juta Per Bulan

CIMAHI – Dinas Perhubungan Kota Cimahi mengungkapkan, beban biaya listrik untuk Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Lingkungan (PJL) dan Penerangan Jalan Gang (PJG) setiap bulannya mencapai sekitar Rp 700 juta.

Artinya, setiap tahun Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi harus merogoh kocek sekitar Rp 8 miliar lebih untuk membayar listrik penerangan. Selain itu, ada juga biaya pemeliharaan dan perawatan yang mencapai sekitar Rp 1,5 miliar tahun ini.

Baca Juga:  Transaksi Bisnis Startup di Cimahi Capai Rp 45 Miliar Setahun

“Sebulan ini untuk bayar listriknya saja Rp 700 juta. Rp 1,5 miliar untuk pemeliharaan setahun,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Hendra Gunawan, Selasa (14/9).

Anggaran Rp 700 juta setiap bulannya itu digunakan untuk membayar PJU, PJL dan PJG yang sudah terpasang dan tersebar di 15 kelurahan sekitar Cimahi. Total ada sekitar 16.497 titik penerangan di Cimahi.

Rincian penerangan yang sudah terpasang di antaranya 3.480 titik PJU, 4.221 titik PJL dan 8.796 titik PJG. Sementara untuk anggaran pemeliharaan digunakan apabila ada kerusakan pada lampu penerangan dan sebagainya.

Baca Juga:  Imbas PPKM, Sejumlah Angkutan Umum di Cimahi Absen Uji KIR

“Kalau lampu yang lama-lama itu kan sudah tidak ada asuransinnya. Jadi kalau misalkan rusak atau padam kita perbaiki,” ujarnya.

Untuk keluhan apabila ada kerusakan atau lampu penerangannya mati, lanjut Hendra, masyarakat diminta untuk melaporkannya kepada petugas melalui nomor yang sudah disediakan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga