Bangkitkan Minat Baca Masyarakat

BANDUNG – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat melantik Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Jabar periode 2021 sampai 2025.

Kepala Dispusipda Jabar Ahmad Hadadi mengatakan, tujuan dibentuknya Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) adalah membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat untuk membaca serta menjadikan membaca sebagai budaya di masyarakat.

”Membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat untuk membaca serta menjadikan membaca sebagai budaya di masyarakat,” ucap Ahmad Hadadi saat sambutan pelantikan di Kantor Dispusipda Jabar, Bandung, Kamis (9/9).

Ia pun menjelaskan, terbentuknya GPMB pun sebagai pembangunan dalam membentuk SDM yang unggul dan berkualitas. Terlebih, guna mewujudkan sesuai dengan RPJMN.

”Mengembangkan dan meningkatkan peran perpustakaan dan seluruh unsur masyarakat dalam pengembangan minat dan budaya gemar membaca,” jelasnya.

Ia pun berharap, dengan dibentuknya Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca, di masing-masing Provinsi maupun Kabupaten/Kota mampu meningkatkan minat baca masyarakat di seluruh Indonesia.

”Gerakan Pemasyarajatan Minat Baca (GPMB) dapat di bentuk di setiap Desa seluruh Indonesia. Memberikan inspirasi dan motivasi, sehingga menghasilkan rekomendasi yang cerdas,” harapnya.

”Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dapat mewujudkan satu desa sebagai pilot project,” tambahnya.

Terakhir, ia pun menuturkan, dilantiknya GPMB bakal menciptakan program kerja, kegiatan, maupun strategi pembudayaan kegemaran membaca yang membuat masyarakat menjadi cerdas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis inklusi sosial. (win/tur)

Tinggalkan Balasan