Sampah Cemari Aliran Sungai di Baros Cimahi

CIMAHI – Pemandangan tak elok nampak dari atas sebuah jembatan di Jalan Haji Harus, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi pada Kamis (9/9). Ada banyak sampah yang mengapung di sungai.

Sampah yang didominasi plastik tersebut mengambang diakhir bendungan itu diduga terbawa dari bagian hulu sungai yang sepertinya sudah lama tak dibersihkan. Sungainya pun berwarna hitam pekat dan menimbulkan bau tak sedap.

Anggia Gunawan (25), salah seorang warga setempat mengatakan, sampah tersebut kemungkinan merupakan kiriman dari wilayah hulu yang terbawa ketika hujan turun. Ia menduga sampah itu dibuang warga.

“Itu dari atas dekat jalan raya. Pas hujan sampahnya kebawa ke sini menumpuk karena ada bendungan juga,” kata Anggia kepada Jabar Ekspres.

Biasanya, kata dia, memang kerap ada petugas dari Pemkot Cimahi yang selalu membersihkan sampah di sungai tersebut. “Biasanya memang ada petugas yang bersihin tapi yang sekarang gak tau. Kayanya belum ada,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, M Nur Kuswandana mengklaim, pihaknya melalui Tim Kecebong rutin melakukan pembersihan sampah di sungai dan drainase. Sampah yang dikumpulkan itu kemudian diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi.

“Itu sudah rutin dibersihkan sama Tim Kecebong. Kita juga kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup yang kebagian untuk mengangkutnya,” jelasnya.

Kota Cimahi, ada empat aliran sungai besar yakni Sungai Cimahi, Sungai Cibeureum, Sungai Cilember dan Sungai Cisangkan serta anak-anak sungai lainnya. Wilayah hilir seperti di Cibeureum dan Melong kerap menjadi titik akhir yang dipenuhi sampah.

Petugas dari DPKP Kota Cimahi yang berjumlah 45 orang selalu berpatroli untuk membersihkan sampah, sekaligus sedimentasi sungai. Mereka dibagi ke dalam tiga tim untuk penanganan tiga kecamatan, yakni Cimahi Utara, Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih mengatakan, pihaknya memang bertugas untuk mengangkut sampah dari sungai yang dikumpulkan Tim Kecebong pada DPKP Kota Cimahi.

“Kalau penangan sampah biasanya dari tim kecebong DPKP, sedang untik pengangutan sampahnya dari DLH,” ujarnya. (Fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan