Pemkot Cimahi Dorong Petani Budidaya Tanaman Hidroponik, Begini Caranya

CIMAHI – Bagi warga perkotaan yang gemar bercocok tanam namun tak memiliki lahan yang cukup luas, tak ada salahnya untuk mencoba budidaya tanaman hidroponik.

Seperti halnya di Kota Cimahi yang mayoritas masuk wilayah perkotaan sehingga lahan pertanian pun cukup terbatas. Sehingga budidaya tanaman hidroponik patut dicoba petani di wilayah perkotaan.

Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Mita Mustikasari mengatakan, pihaknya terus mendorong petani Kota Cimahi untuk beralih dengan budidaya tanaman hidroponik.

“Dua tahun ke belakang sudah kita mulai sosialisasikan kepada masyarakat melalui kelompok tani,” kata Mita saat dihubungi via sambungan telepon, Senin (6/9).

Mita menambahkan dalam dua tahun terakhir memang baru ada lima KWT yang baru difasilitasi sarana pembelajaran budidaya hidroponik. Namun ke depan, pihaknya menargetkan semua kelompok tani bisa beralih ke media tanam hidroponik.

“Ada 5 KWT yang baru difasilitasi sarana pembelajaran hidroponik. Pengennya 24 (jumlah total KWT di Cimahi), kita bertahap ingin semua bisa aktif,” ujar Mita.

Media tanam hidroponik merupakan kegiatan bercocok tanam yang dilakukan tanpa tanah melainkan air yang mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Peralatan yang digunakan cukup sederhana, yakni bisa menggunakan porus seperti styrofoam dan pasir.

Dijelaskan Mita, selain dianggap mudah dan simpel, budidaya tanam hidroponik juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan menggunakan media tanah. Diantaranya masa tanam yang lebih pendek, yakni 25-30 hari.

“Kalau pakai tanah kan bisa sampai 35 hari. Ini lebih mudah, bisa pakai barang bekas. Paralon, botol air bekas asal sirkulasi airnya mengalir,” jelas Mita.

Kemudian, lanjut Mita, media tanam hidroponik juga lebih aman dan bersih karena tidak menggunakan zat pestisida. “Jadi lebih bersih. Ini organik gak pake pestisida tapi pakai nutrisi. Tinggal rutin dikasih vitamin aja,” pungkasnya.

Berikut Beberapa Kelebihan Budidaya Tanaman Hidroponik

1. Tanaman dapat tumbuh pesat dengan keadaan tidak kotor dan tidak rusak.
2. Tanaman biasanya terbebas dari hama dan penyakit.
3. Pemakaian pupuk lebih hemat dan tumbuh tanaman lebih cepat.
4. Dapat mengganti tanaman dengan mudah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan