Lima Gaya Hidup Perlu Diubah untuk Jaga Lambung Tetap Sehat

Diet sehat dan seimbang artinya mengatur pola makan lebih banyak bertumpu pada sayuran dan buah- buahan.

Protein menjadi sumber utama seperti ikan, ayam, gandum utuh, dan konsumsi daging merah lebih sedikit sehingga bisa menekan produksi asam lambung yang berlebih.

Pola mengunyah juga perlu diperhatikan, dokter Shriram Nene yang merupakan ahli bedah toraks dan kardivaskular menjelaskan dengan gerakan mengunyah yang baik maka makanan tercerna dengan sempurna dan lambung bekerja tidak berlebihan.

Saat lambung bekerja sesuai porsinya, maka asam lambung anda dipastikan tidak akan naik dan membuat anda bisa lebih tenang beraktivitas.

Selain itu, untuk jenis sayur dan buah-buahan yang dikonsumsi pastikan tidak mengandung asam yang tinggi agar tidak memicu kenaikan Hcl di dalam lambung anda.

Lima gaya hidup itu bahkan terasa semakin wajib jika rupanya anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit asam lambung.

Orang- orang yang memiliki hubungan darah dengan penderita asam lambung sangat disarankan untuk menjalani lima gaya hidup yang sudah disebut di atas sehingga bisa terhindar dari penyakit serupa.

Selain itu anda juga memotong potensi memiliki penyakit penyerta seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Pengelolaan gejala

Jika anda sudah memiliki asam lambung maka pengelolaan yang baik agar penyakit itu tidak kambuh adalah dengan menghindari beragam bentuk pemicu gejala asam lambung.

Saat anda belum mendapatkan asupan makanan, ada baiknya anda tidak langsung makan banyak dalam satu waktu dan justru membaginya dalam porsi- porsi kecil dan periode konsumsi yang lebih sering sehingga perut bisa mencerna dengan baik.

Selain itu hindari gorengan maupun makanan instan saat perut anda mulai mengalami gejala asam lambung.

Jangan makan mendekati waktu tidur agar proses metabolisme tubuh tidak mengundang asam lambung untuk naik ke permukaan.

Kita tahu ada beragam jenis antasida di pasaran yang bisa menangani penyakit asam lambung, meski demikian mencegah tentu menjadi cara yang selalu lebih baik dari pada mengobati.

Tentunya cara terbaik untuk bisa berdamai dengan penyakit asam lambung adalah dengan gaya hidup yang bisa mengontrol jumlah asam lambung di perut tetap dalam keadaan normal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan