DPM-Desa Jabar Akan Dorong Keberadaan Potensi Wisata di Tingkat Desa

BANDUNG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar akan mendorong wilayah desa yang memiliki potensi menjadi destinasi wisata.

Sekdis DPMD Jabar Wahyudin mengatakan, sudah menjadi bagian dari DPM-Desa untuk mensupport desa-desa yang memiliki potensi. Baik potensi ekonomi ataupun potensi sumber daya alamnya.

“Kita siapkan data, kita mapping data potensi, seperti salah satunya kampung adat. Misalnya juga ada suatu desa yang punya sumber daya lain yang bisa dikembangkankan bersifat religi, kita wajib mendorong hal itu,” ujar Wahyudin ketika ditemui Jabarekpres.com, Selasa, (24/08).

Dia menyebutkan, di Jabar sendiri, terdapat 5.312 desa dimana 127 diantaranya diikutsertakan dalam ajang anugerah desa wisata Indonesia.

Untuk memajukan kawasan desa lain, pihak DPMD bakal berkolaborasi dengan dinas pariwisata dan kebudayaan yang nantinya akan membantu penataan dan strategi dalam memajukan kawasan desa.

“Dari DPMD memberikan data, ini datanya lho, ini yang punya potensi sumber daya wisatanya ini, kan begitu kira-kira, nanti bersama-sama dengan kabupaten/kota,” ujarnya.

Selain dukungan dari dua instansi kedinasan tersebut, Wahyudin turut mendorong pemerintah pusat dan kabupaten/kota agar ikut membantu menggali potensi yang ada di desa. Sehingga, desa-desa di Jabar nantinya dapat bersaing di level internasional.

Wahyu menambahkan, sebetulnya yang harus peduli dengan desa itu ada dua, pemerintah pusat dan kabupaten. Provinsi hanya mendorong dan memberikan dukungan.

Namun, karena Gubernur Jabar memliki konsen untuk pengembangan desa di wilayah di jabar, DPM-Desa tentunya akan All Out memberikan dukungan untuk pengembangan desa-desa wisata di Jabar.

Pada teknisnya Provinsi Jabar juga memberikan dukungan berupa bantuan keuangan untuk pengembangan kawasan-kawasan wisata yang berada di desa-desa. Tujuannya agar pertumbuhan perekonomian di wilayah itu terus meningkat dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

”Dari mulai pembenahan fasilitas obyek wisata, pembuatan lapangan bola desa, alun-alun desa, dan lainnya, semua program itu sudah dilaksanakan oleh Pak Gubernur Ridwan Kamil,”kata Wahyudin. (mg1/red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan