Hari UMKM Nasional, Kelompok Usaha Warga di Jatinangor Sumedang Masih Perlu Bantuan

SUMEDANG – Hari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional pada 12 Agustus menjadi momentum para pelaku usaha.

Terkait hal itu, warga Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang berkumpul dalam mengembangkan UMKM dengan nama Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Medal Harapan Jaya.

Diketahui, KUBE Medal Harapan Jaya menjadi sorotan anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari fraksi PAN, Dudi Supardi.

Pada Hari UMKM Nasional, Dudi menerangkan mengenai perjalanan dirinya dalam mendampingi KUBE Medal Harapan Jaya.

“Sepanjang mendampingi mereka, tidak banyak keluhan selain perlunya difasilitasi bantuan peralatan ataupun pelatihan,” kata Dudi kepada Jabar Ekspres melalui pesan singkat, Kamis (12/8).

Mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum usai dan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang, Dudi mengaku, para pelaku usaha di wilayah Kecamatan Jatinangor terutama KUBE Medal Harapan Jaya tidak luntur semangat.

“Justru semangat mereka naik saat PPKM ini. Hasil pengamatan saya selama ini, UMKM survive saat pandemi Covid-19, tinggal memilih dan memilah apa yang sesuai dijalankan sesuai kondisi aja,” ucap Dudi.

Dudi berujar, selama mendampingi KUBE Medal Harapan Jaya, yang ia amati sampai saat ini terdapat kendala dalam menjalankan usaha.

“Kendala selama ini mereka tidak ada yang mendampingi dan mengarahkan usahanya, sehingga seperti anak yang tidak ada induknya,” jelas Dudi.

“Trik yang kami lakukan dibuatkan kelompok usaha bersama dan dibuatkan unit-unit usaha, sehingga setiap unit usaha saling mengingatkan dan memberi masukan,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Dudi menuturkan, dengan adanya kelompok usaha yang dibuat warga dapat menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lain.

“Mungkin Kube Medal Harapan Jaya Cipacing akan menjadi inspirasi bagi UMKM di daerah lain,” tutup Dudi. (mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan