3 Mall di Kota Bandung Bakal Lakukan Uji Coba Penerapan Regulasi Baru

BANDUNG – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diadagin) Kota Bandung, Elly Wasliah menyebut, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan regulasi terkait operasional mall di masa PPKM Level 4 di Kota Bandung.

Sementara itu, diketahui bahwa dalam aturan yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2021, yang dimana untuk Supermarket, pasar rakyat, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai Pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Dengan adanya hal tersebut, Elly mengungkapkan bahwa telah berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna dalam membahas regulasi tersebut.

Sementara itu, Elly juga mengatakan, bahwa terdapat 23 mall yang tersebar di wilayah Kota Bandung, dan ia pun mengungkapkan pihaknya akan melakukan uji coba penerapan regulasi operasional di tiga mall Kota Bandung.

“Nanti kita akan menyiapkan beberapa Mall dua atau tiga mall,” ucapnya saat ditemui di balai kota Bandung, Selasa (10/8).

Elly juga mengatakan, bahwa pihaknya juga telah membahas regulasi terkait sertifikat vaksin sebagai syarat masuk Mall. Menurutnya, syarat tersebut bersifat wajib dan tidak dapat ditawar-tawar.

sementara itu, untuk memaksimalkan hal tersebut, pihaknya juga akan mendirikan pos atau ruang vaksinasi.

“Vaksin itu kan sudah harga mati ya harus wajib ya, kita akan bekerja sama untuk menyediakan pos khusus di tiga Mall untuk pengunjung yang belum divaksin, nanti akan divaksin di tempat,” ucapnya.

Selain itu, Elly juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan aturan larangan bagi anak-anak dan lansia untuk memasuki mall.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), untuk bersiap-siap dengan regulasi tersebut.

“Jadi saya sudah sampaikan ke Ketua APPBI, saya sampaikan saran mereka siap-siap dulu aja, internal dulu lah di manajemen mallnya,” ucapnya.

“Intinya, lebih teknisnya nanti nunggu Perwal,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk Mall di Kota Bandung sendiri, akan mulai dibuka pada Rabu (11/9). Aturan lebih rinci soal operasional Mall akan diatur melalui Peraturan Wali Kota. (Snd)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan