8 Teknik Pernapasan untuk Hilangkan Cemas

Jabarekpres.com – Berlatig mengatur pola pernafasan ternyata banyak memiliki manfaat. Di antaranya dapat memperlancar sirkulasi darah dan mengatur irama detak jantung. Dengan begitu anda akan terlihat tenang.

Hal ini dapat dilakukan jika, anda dalam keadaan cemas. Bahkan, dengan perasaan cemas berlebihan tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi fungsi penafasan, sirkulasi darah di tubuh anda. Terutama jantung.

Ada beberapa cara dalam mengatasi rasa cemas deng lima tehnik pernafasan.

  • Perpanjang Napas 

Menarik napas dalam-dalam mungkin tidak selalu membuat Anda tenang. Menarik napas dalam-dalam sebenarnya terkait dengan sistem saraf simpatik, yang mengontrol respons melawan-atau-lari. Tapi menghembuskan napas terkait dengan sistem saraf parasimpatis, yang memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk rileks dan tenang.

Untuk itu, sebelum Anda menarik napas dalam-dalam, cobalah menghembuskan napas secara menyeluruh. Dorong semua udara keluar dari paru-paru Anda, kemudian biarkan paru-paru Anda bekerja menghirup udara.

Selanjutnya, cobalah mengeluarkan napas sedikit lebih lama daripada saat Anda menghirup. Misalnya, coba tarik napas selama empat detik, lalu buang napas selama enam detik. Coba lakukan ini selama dua hingga lima menit.

Teknik ini dapat dilakukan dalam posisi apa pun yang nyaman bagi Anda, termasuk berdiri, duduk, atau berbaring.

  • Pernapasan perut

Bernapas dari diafragma (otot yang berada tepat di bawah paru-paru) dapat membantu mengurangi jumlah pekerjaan yang perlu dilakukan tubuh untuk bernapas.

Untuk mempelajari cara bernapas dari diafragma Anda: Untuk kenyamanan, berbaringlah di lantai atau tempat tidur dengan bantal di bawah kepala dan lutut. Atau duduklah di kursi yang nyaman dengan kepala, leher, dan bahu rileks, dan lutut ditekuk.

Kemudian, letakkan satu tangan di bawah tulang rusuk dan satu tangan di atas jantung Anda. Tarik dan embuskan napas melalui hidung, perhatikan bagaimana atau jika perut dan dada Anda bergerak saat Anda bernapas.

Latih pernapasan perut. Duduk atau berbaring seperti yang dijelaskan di atas. Letakkan satu tangan di dada dan satu tangan di perut di suatu tempat di atas pusar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan