Bahaya! Minum Kopi Berlebih Dapat Mengecilkan Volume Otak

Setelah menyesuaikan data untuk variabel seperti kondisi kesehatan yang mendasari, usia, jenis kelamin dan indeks massa tubuh, para peneliti menyimpulkan konsumsi lebih dari enam cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan volume otak yang lebih kecil, dan kemungkinan demensia 53% lebih tinggi dibandingkan dengan satu orang, menjadi dua cangkir setiap hari.

Peneliti senior dan Direktur Pusat Kesehatan Presisi Australia UniSA, Profesor Elina Hypponen, mengatakan meskipun hasil penelitian tersebut bisa jadi kenyataan pahit bagi pecinta kopi, namun yang terpenting adalah menemukan keseimbangan antara apa yang Anda minum dan apa yang baik untuk kesehatan Anda.

“Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang konsumsi kopi berlebihan dan kesehatan otak, tetapi seperti banyak hal dalam hidup, moderasi adalah kuncinya,” kata Prof Hypponen.

Bersama dengan bukti genetik lainnya dan uji coba terkontrol secara acak, data ini sangat menyarankan bahwa konsumsi kopi yang tinggi dapat mempengaruhi kesehatan otak. Meskipun mekanisme pastinya tidak diketahui, satu hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah tetap terhidrasi dan ingat untuk tetap minum air putih saat kita minum secangkir kopi, tambah Hypponen.

“Konsumsi kopi sehari-hari biasanya berkisar antara satu dan dua cangkir kopi standar. Tentu saja, meskipun ukuran unit dapat bervariasi, satu hingga tiga cangkir kopi sehari umumnya baik-baik saja,” jelas Hypponen.

Namun, jika Anda mengonsumsi kopi lebih dari enam cangkir sehari, sudah saatnya memikirkan kembali apakah ini yang terbaik untuk kesehatan otak Anda.

(Antaranews)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan