Ratusan Penyandang Disabilitas di Cimahi Jadi Target Vaksinasi Covid-19

CIMAHI – Para penyandang disabilitas di Kota Cimahi ditargetkan menjadi sasaran COVID-19. Total ada ratusan penyandang disabilitas yang ditargetkan mendapat vaksin tersebut. Bahkan, ada yang sudah mulai disuntikan vaksin COVID-19.

Dari data yang dihimpun Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP) Kota Cimahi, ada 795 orang penyandang disabilitas yang disasar vaksin COVID-19.

“Dan cakupan penyandang disabilitas Kota Cimahi yang sudah divaksin 89 orang atau baru 11,2 persen,” terang Sekretaris DisosP2KBP3A Kota Cimahi, Fitriani Manan kepada, Jumat (1/8).

Dikatakan Fitriani, semua kategori penyandang disabilitas berhak mendapatkan kesempatan untuk diberikan vaksin COVID-19 untuk menambah kekebalan imun pada tubuh. “Seperti disabilitas mental, disabilitas intelektual dan disabilitas fisik,” ucap Fitriani.

Pihaknya, kata dia, bersama kader di lapangan hanya bertugas untuk mengkondisikan klien atau pasien untuk mendatangi tempat vaksinasi seperti Puskesmas. Jika yang bersangkutan tak bisa datang, maka akan dilakukan kunjungan rumah.

Mekanisme pemberian vaksin terhadap penyandang disabilitas tetap melalui pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan. Jika kondisinya layak secara kesehatan, maka akan langsung disuntikan vaksin COVID-19.

Untuk vaksinasi penyandang disabilitas lainnya, kata Fitriani, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Sebab, yang mengetahui dan mengkoordinir dosis vaksin adalah Dinas Kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Reri Marliah penyandang disabilitas masuk kategori vaksinasi kelompok rentan dan masyarakat umum. Kelompok tersebut memang menajdi sasaran untuk disuntikan vaksin COVID-19 secara bertahap.

“Masuk ke masyarakat umum dan renta. Secara bertahap. Vaksinasinya sudah berjalan sejak Mei 2021 utnuk ODGJ,” ujar Reri.

Pemkot Cimahi sendiri terus menggenjot proses vaksinasi COVID-19 di Kota Cimahi. Sebab hingga Desember mendatang targetnya 70 persen warga Kota Cimahi sudah mendapat dosis vaksin lengkap. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan