oleh

Ratusan Penyandang Disabilitas di Cimahi Jadi Target Vaksinasi Covid-19

CIMAHI – Para penyandang disabilitas di Kota Cimahi ditargetkan menjadi sasaran COVID-19. Total ada ratusan penyandang disabilitas yang ditargetkan mendapat vaksin tersebut. Bahkan, ada yang sudah mulai disuntikan vaksin COVID-19.

Dari data yang dihimpun Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP) Kota Cimahi, ada 795 orang penyandang disabilitas yang disasar vaksin COVID-19.

“Dan cakupan penyandang disabilitas Kota Cimahi yang sudah divaksin 89 orang atau baru 11,2 persen,” terang Sekretaris DisosP2KBP3A Kota Cimahi, Fitriani Manan kepada, Jumat (1/8).

Baca Juga:  Beban Listrik Penerangan Jalan di Cimahi Capai Rp 700 Juta Per Bulan

Dikatakan Fitriani, semua kategori penyandang disabilitas berhak mendapatkan kesempatan untuk diberikan vaksin COVID-19 untuk menambah kekebalan imun pada tubuh. “Seperti disabilitas mental, disabilitas intelektual dan disabilitas fisik,” ucap Fitriani.

Pihaknya, kata dia, bersama kader di lapangan hanya bertugas untuk mengkondisikan klien atau pasien untuk mendatangi tempat vaksinasi seperti Puskesmas. Jika yang bersangkutan tak bisa datang, maka akan dilakukan kunjungan rumah.

Baca Juga:  Dewan Pastikan Stok APD di Puskesmas se-Kota Cimahi Masih Terpenuhi

Mekanisme pemberian vaksin terhadap penyandang disabilitas tetap melalui pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan. Jika kondisinya layak secara kesehatan, maka akan langsung disuntikan vaksin COVID-19.

Untuk vaksinasi penyandang disabilitas lainnya, kata Fitriani, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Sebab, yang mengetahui dan mengkoordinir dosis vaksin adalah Dinas Kesehatan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga