oleh

Pengelola Wisata di KBB Rugi Puluhan Miliar

BANDUNG BARAT – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun ditambah kebijakan penutupan objek wisata, telah melumpuhkan para pelaku usaha wisata dan hotel di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Wakil Ketua BPC PHRI KBB, Eko Supriyanto mengungkapkan, total kerugian yang dialami oleh anggotanya yang tergabung di PHRI sejak awal pandemi Maret 2020 sampai Juli 2021 mencapai Rp 57.275.716.977.

Baca Juga:  Disparbud KBB Minta Pengelola Penginapan Patuhi PPKM Level 3

“Angka itu baru dari 30 perusahaan anggota PHRI KBB. Kalau ditambah di luar anggota PHRI jumlahnya pasti jauh lebih membengkak,” kata Eko saat dikonfirmasi, Minggu (1/8).

Menurutnya, kondisi yang dialami perusahaan hotel dan resto tersebut, berimbas pada nasib karyawan atau pegawai di sektor pariwisata. Berdasarkan catatan, ada sebanyak 1.356 orang pegawai yang ikut terdampak karena harus dirumahkan sementara.

Eko mengatakan, bisnis apa saja itu butuh kondisi yang stabil. Untuk itu, pihaknya mendukung pemerintah untuk lebih serius dalam menjalankan strategi dan aturan yang telah dibuat. Dia mencontohkan negara yang sempat mengendalikan Covid-19 tapi tidak disiplin, angka kasusnya meningkat lagi.

Baca Juga:  Meski KBB Masuk Zona Kuning Covid-19, PPKM Level 3 Masih Diterapkan

“Makanya pemerintah harus terus mengajak warga disiplin menjalankan prokes. Supaya kasus bisa ditekan dan kondisi normal bisa dirasakan kembali,” harapnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga