oleh

Pemda KBB Kesulitan Penuhi Target Testing Covid-19

NGAMPRAH – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) kesulitan memenuhi target testing harian Covid-19 yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan arahan Pemprov Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat ditargetkan untuk melakukan tes Covid-19 sebanyak 3.622 tes perhari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat Nurul Rasyihan mengatakan ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab sulitnya target testing harian itu tercapai, di antaranya tenaga kesehatan yang tumbang terpapar COVID-19.

Baca Juga:  Evaluasi Pekan Pertama Liga 1, LIB Sebut Tak Ada Kasus Covid-19

“Nakes di kita itu banyak yang tumbang. Di satu sisi vaksinasi harus digenjot, di sisi lain swab antigen juga. Beban kerja nakes di lapangan sangat terforsir. Jadi banyak yang akhirnya terpapar (COVID-19) karena imun turun,” ungkap Nurul saat dihubungi, Kamis (29/7).

Permasalahan lainnya yakni penolakan dari masyarakat terhadap test Covid-19. Saat ini masyarakat lebih memilih untuk divaksinasi Covid-19 ketimbang menjalani test antigen ataupun PCR.

Baca Juga:  Pemda KBB Targetkan 50 Persen Vaksinasi dalam 2 Pekan

“Itu (penolakan) juga jadi hambatan kita. Ada juga orang yang positif jarang melapor. Jadi kadang kita dapat laporan yang positif itu dari desa. Kemudian baru dikroscek dan ditangani. Sekarang kan banyak juga swasta yang mengadakan swab antigen. Setelah keluar hasil banyak yang tidak melaporkan,” tutur Nurul.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga