Tekan Lonjakan Kasus, Pemda KBB Genjot Vaksinasi Covid-19

NGAMPRAH – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya menekan lonjakan kasus Covid-19 beberapa pekan belakangan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan pihaknya akan mempercepat vaksinasi kepada warga agar tercipta herd immunity. Sejauh ini ketersediaan stok vaksin Covid-19 diklaim masih aman.

“Kita kebut terus, mudah-mudahan juga stok vaksin masih ada sehingga tidak ada kendala. Dosis ke-1 tidak masalah, kemarin juga di IKEA sampai nanti hari Kamis itu juga dosis ke-2 juga tidak jadi masalah,” kata Hengky kepada wartawan, belum lama ini.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat, dari target 1.396.176 orang, hingga 20 Juli 2021 baru 235.612 orang atau 16,88 persen yang sudah divaksinasi dosis I. Sementara vaksinasi dosis II baru sebanyak 124.963 orang atau 8,95 persen.

Pihaknya akan memaksimalkan sisa dosis vaksin tersisa, jika ada kekurangan, dirinya memerintahkan dinas kesehatan untuk meminta tambahan dosis vaksin kepada pemerintah provinsi.

“Memang kendalanya di kita itu nakes banyak juga yang terpapar Covid-19. Jadi yang memvaksinasinya itu berkurang,” ujarnya.

Komandan Seskoau, Marsda TNI Samsul Rizal menyebutkan, animo warga untuk mendapat vaksinasi di Seskoau menunjukan grafik peningkatan setiap hari sejak digelar mulai tanggal 21 Juni 2021.

“Peserta vaksinasi tidak hanya dari wilayah Lembang dan Bandung saja tetapi ada juga yang dari Subang bahkan Majalengka. Warga cukup antusias dan kita terima semua warga yang divaksin di sini,” terangnya.

Samsul menyatakan, tidak ada kendala yang berarti selama vaksinasi berlangsung karena pihaknya sudah mengatur sedemikian rupa sehingga masyarakat yang datang bisa nyaman, tertib dan tidak berkerumun.

“Kami dari TNI siap kolaborasi mendukung program yang sudah dicanangkan pemerintah, khususnya Bapak Presiden dalam program vaksinasi ini,” ucapnya.

Hingga hari terakhir Minggu (25/7) kemarin, lebih dari 1.650 orang datang menghadiri vaksinasi di Sesko AU antusias warga ini meningkat dibanding hari-hari sebelumnya. Sementara total yang sudah mendapat vaksin sejak hari pertama sudah mencapai 4.500 orang.

“Target awal bisa mencapai 10 ribu orang divaksin di Sesko AU, tapi kami optimis bisa sampai lebih dari 5 ribu,” tambahnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan