Rampungkan Naturalisasi, 3 Pebasket Asing Ini Gabung Timnas Basket Indonesia

JAKARTA – Timnas basket Indonesia merampungkan proses naturalisasi tiga pemain asing, yakni Dame Diagne, Serigne Modou Kane dan Marques Bolden. Mereka sudah diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Upacara pelantikan dilakukan di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Senin (19/7). Dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Ketiga pemain naturalisasi tersebut saat diambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) memakai setelan jas hitam. Kemeja putih dan dasi warna merah. Mereka berpeci.

“Mereka sangat bahagia dan bangga sudah resmi menjadi WNI. Mereka bertekad akan memberikan segala kemampuannya di lapangan untuk Indonesia dan berusaha semaksimal mungkin untuk membawa Indonesia menjadi tim yang diperhitungkan di level international,” terang Manajer Timnas Bola Basket Indonesia Maulana Fareza Tamrella.

Dikatakan pria yang kasib disapa Mocha itu, ketiga kontribusi pemain naturalisasi ini akan dilihat pada ajang FIBA Asia Cup 2021 Agustus nanti. Mereka akan berkolaborasi dengan Lester Prosper dan Brandon Jawato, yang lebih dulu dinaturalisasi.

Selama ini, mereka sudah berlatih bersama Timnas Bola Basket Indonesia untuk persiapan FIBA Asia Cup 2021. Bahkan Prosper dan Jawato sudah pernah membela Merah Putih pada ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup.

“Dengan gabungnya ketiga naturalisasi ini, kami sangat optimistis bisa bermain di FIBA World Cup 2023 dengan menembus peringkat delapan di FIBA Asia Cup nanti,” tegas Mocha.

Saat pengambilan sumpah, Manajer Maulana Fareza Tamrella ikut mendampingi ketiga pemain naturalisasi tersebut. Hadir pula Wakil Sekjend PP Perbasi Achmad Ferdy Zain. (VYT/FIN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan