Pilkades Kabupaten Bandung Jangan Sampai Ada Klaster Baru

SOREANG – Bupati Bandung Dadang Supriatna berharap, Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Bandung untuk fokus dalam menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Bandung yang akan digelar 28 Juli 2021.

Dadang mengatakan, Pilkades serentak yang akan digelar di wilayah Kabupaten Bandung harus berjalan sukses tanpa ekses. Menurutnya, peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat penting sehingga diatur dalam Permendagri No.110/2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

“Khususnya agar Abpednas fokus dalam pelaksanaan Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan 49 desa, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Sehingga Pilkades Serentak tidak sampai menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” pesan bupati saat webinar Pilakdes Serentak Sukses Tanpa Ekses yang digelar Abpednas Kabupaten Bandung, Kamis (15/7) sore.

Dadang Supriatna juga berpesan agar setiap elemen yang terlibat dalam pelaksanaan pilkades untuk lebih cermat dan bijak dalam menghadapi permasalahan di lapangan, agar setiap permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara santun.

“Karena itu jangan malu dan ragu untuk meminta saran, masuk dan petunjuk dari Dewan Pengawas Abpednas, dari pihak kecamatan atau muspika, dalam rangka menjaga iklim kesejukan di wilayah masing-masing,” kata Kang DS, panggilan akrab Bupati Bandung.

Dikatakan Kang DS, Abpednas juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarkat dalam Pilkades Serentak.

“Jangan sampai ada warga yang golput. Ayo sukseskan Pilkades Serentak dengan semangat Bandung Bedas,” ujar Kang DS.

Sementara itu, Ketua Abpednas Kabupaten Bandung Firman Lesmana mengatakan pihaknya berterima kasih atas atensi, arahan serta dukungan dari Bupati Bandung terhadap Abpednas. Sebab menurutnya Apbednas merupakan mitra strategis Pemkab Bandung.

“Kami siap mensukseskan Pilkades Serentak Kabupaten Bandung dan siap mendukung program 99 Hari Kerja Bupati Bandung, karena Pilkades Serentak ini merupakan salah satu program 99 Hari Kerja Bupati dan Visi Misi Pasangan Bedas dalam membangun Kabupaten Bandung,” tandas Firman.

Kendati begitu Abpednas berharap kepada Bupati Bandung agar Pilkades Serentak ini tidak ada pengunduran lagi tanggal pelaksanaannya yang rencananya digelar 28 Juli 2021.

“Namun apapun itu keputusannya kami tetap berharap menjadi keputusan yang terbaik bagi warga Kabupaten Bandung,” tukas Firman. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan