Lima Manfaat Luar Biasa dari Sari Cuka Apel untuk Kesehatan

Nama Cuka Sari Apel sebetulnya sudah sangat dikenal di Indonesia. Tapi masih sedikit orang yang tahu manfaatnya bagi kesehatan.

Dilansir Healthline.com Cuka Apel sendiri telah digunakannya selama berabad-abad dalam memasak dan obat herbal untuk meredakan berbagai keluhan kesehatan.

Cuka sari apel memiliki efek antimikroba dan antioksidan. Bahkan Cuka Apel sangat efektif untuk terapi penurunan berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, memperbaiki gejala diabetes. Untuk lebih jelasnya kami sajikan lima manfaat Cuka Sari Apel.

Banyak Mengandung Zat Bermanfaat Bagi Tubuh

Cuka sari apel dibuat melalui proses dua langkah. Pertama, buah apel dihancurkan kemudian masuk dalam proses fermentasi gula dan mengubahnya menjadi mengandung Alkohol.

Proses ini akhirnya menghasilkan bakteri dan mengubahnya menjadi asam asetat. Senyawa aktif utama dalam cuka.

Asam asetat membuat cuka bau dan menimbulkan rasa asam yang kuat. Para peneliti percaya asam ini bertanggung jawab atas manfaat kesehatan cuka sari apel.

Cuka sari apel organik tanpa filter juga mengandung zat yang disebut ibu. Ibu terdiri dari kandungan protein, enzim, dan bakteri ramah bagi tubuh.

Cuka sari apel ternyata tidak mengandung banyak vitamin atau mineral, Tapi ada kandungan kecil potasium.

Membantu Membunuh Bakteri Berbahaya

Cuka dapat membantu membunuh patogen, termasuk bakteri yang merugikan. Secara tradisional cuka apel digunakan untuk membersihkan dan mendisinfeksi, mengobati jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga.

Hippocrates, bapak kedokteran modern, menggunakan cuka untuk membersihkan luka lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Dapat Digunakan Sebagai Pengawet Makanan

Cuka Apel bisa dimanfaatkan sebagai juga pengawet makanan. Studi menunjukkan bahwa itu menghambat bakteri seperti E. coli dari tumbuh dan merusak makanan.

Jika Anda mencari cara alami untuk mengawetkan makanan anda, cuka sari apel bisa membantunya.

Cuka sari apel yang diencerkan dapat membantu mengatasi jerawat ketika dioleskan ke kulit.

Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan hasil penelitian obat-obatan herbal kandungan Cuka Sari Apel ternyata membantu mengobati diabetes tipe 2 .

Diabetes tipe 2 sendiri, ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan