Dukung Aturan Pemerintah, Garudafood Maksimalkan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Industri

SUMEDANG – Sesuai Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Imendagri) nomor 15 tahun 2021, Garudafood Putra Putri Jaya PT terapkan protokol kesehatan ketat.

Hal itu dilakukan Garudafood sebagai dukungan terhadap aturan pemerintah dan bertujuan dalam meminimalisir penyebaran virus Covid-19 terutama di lingkungan industri.

Perusahaan yang berdiri di Jalan Raya Rancaekek, Desa Mangunarga, Kecamatan, Cimanggung, Kabupaten Sumedang itu berikan pengawasan kepada seluruh pekerja.

Faktocy Manajer, Sofyan mengatakan, standar protokol kesehatan di lingkungan Garudafood sangat diperhatikan.

“Kita siapkan alat pengecek suhu tubuh yang otomatis, jadi pakai sensor. Masuk ruangan nanti bisa terdeteksi suhu tubuhnya,” kata Sofyan kepada Jabar Ekspres saat ditemui di ruang lobi Garudafood, Selasa (13/7).

Sofyan mengatakan, pengecekan suhu tubuh bertujuan sebagai meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menyeleksi pekerja atau tamu yang akan memasuki lingkungan Garudafood.

Dalam pantauan Jabar Ekspres di lokasi, selain tersedianya alat pengecek suhu tubuh otomatis di dekat gerbang masuk, terlihat di beberapa titik tersedia tempat mencuci tangan lengkap beserta sabun cair.

Selain itu, saat Sofyan mengajak memperlihatkan kantin di lingkungan Garudafood, terlihat di meja yang panjang terpasang sekat pembatas berbahan fiber transparan agar membatasi setiap pekerja saat makan.

“Kita juga siapkan masker di pos satpam, barangkali ada tamu atau karyawan yang datang lupa pakai masker,” ujarnya.

Sofyan menjelaskan, setiap pekerja Garudafood dibekali masker standar kesehatan saat bekerja dan diharuskan mengganti masker setiap empat jam.

“Jadi awal kerja maskernya warna hijau, setelah empat jam diganti jadi warna biru, supaya keliatan mana karyawan yang belum ganti masker, dan maskernya kita sediakan dari sini (Garudafood) gratis,” pungkasnya.

Dalam pemaparannya, Sofyan menuturkan, setiap pekerja di Grudafood tidak hanya diawasi dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kita buat google forms, dengan pertanyaan seperti kemarin keluar kota apa enggak, ke tempat berkerumun atau enggak dan lagi ada gejala sakit atau enggak,” imbuh Sofyan.

Ia melanjutkan, pengisian google forms tersebut diwajibkan bagi setiap pekerja Garudafood sebagai tracing dalam penanganan Covid-19.

“Kalau ada yang bergejala atau positif Covid-19, kita sarankan buat isolasi mandiri dan kita tetap beri gaji full,” tutur Sofyan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan