oleh

Rumah Isoman Baru Pasien COVID-19 Tersedia di Cimahi

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menyulap gedung Klinik Harapan Bunda di Jalan Sudirman, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi menjadi ruang isolasi mandiri bagi pasien COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, drg. Pratiwi mengatakan, bangunan tersebut sebelumnya sudah tidak terpakai sehingga pihaknya meminta izin untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri.

“Kita sudah membuat rumah isolasi mandiri di Baros, bekas Klinik Harapan Bunda,” ujar Pratiwi, Rabu (7/7).

Baca Juga:  Virus Corona Varian Baru Ini Harus Diwaspadai

Dikatakan Pratiwi, rumah isolasi mandiri atau isoman tersebut sudah jadi dan siap ditempati pasien COVID-19 yang ingin menjalani penyembuhan di luar rumahnya masing-masing.

Pihaknya menyiapkan sekitar 20-25 bed atau tempat tidur. “Sudah dibuka tapi belum ada yang menempatin. Hari ini baru dilengkapi dengan kapasitas 20-25 bed,” terang Pratiwi.

Dirinya menjelaskan, rumah isolasi tersebut bukan seperti di rumah sakit pelayanannya. Namun layaknya seperti di rumah. Sebab, rumah isoman tersebut khusus pasien yang tidak memiliki gejala.

Baca Juga:  Turun Signifikan, Kasus Penyebaran Covid-19 di KBB

Pihaknya hanya menyediakan tenaga keamanan dan administrasi di tempat tersebut. Sementara untuk pemantauan terhadap pasien akan dilakukan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Puskesmas sekitar.

“Ini bukan Isoman yang tidak seperti rumah sakit. Ja di tidak ada pemantauan khusus hanya dijaga satpam saja. Bagi yang akan menempati adalah pasien OTG (Orang Tanpa Gejala),” jelasnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga