PHBS Kunci Atasi Covid-19

DEPOK – Medical Advisor PT Mitsubishi Tanabe Pharma Indonesia, Dr. Alex Rudolf Pattinasarany menyebut cara terbaik memutus rantai penyebaran Covid-19 ialah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

“Penerapan PHBS merupakan kunci keberhasilan upaya pencegahan dan pengendalian agar individu, keluarga dan masyarakat tidak tertular Covid-19 serta kualitas hidupnya dapat tercapai,” katanya dalam diskusi daring yang digelar Pengurus RW 08 Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya.

Menurutnya, PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri melakukan upaya pencegahan dan pengendalian agar tidak tertular Covid-19.

“Di samping itu, mereka juga dapat berperan aktif melakukan upaya promosi kesehatan, mewujudkan masyarakat di lingkungannya bebas Covid-19,” urainya.

Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19, yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun, dan membatasi mobilisasi dan interaksi (5M).

Lebih lanjut, ia mengatakan terdapat beberapa kelompok yang cukup rentan terjangkit virus ini. Kelompok usia rentan itu umumnya yang berusia lanjut, 60 tahun ke atas.

Di samping itu, juga terdapat kelompok yang paling banyak menyebarkan virus Covid-19, di mana kelompok ini rata-rata berada pada rentang usia 20-40 tahun.

“Kemudian, virus atau Covid-19 juga mudah menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah (imunitas rendah), dan mengalami obesitas (berat badan berlebih),” paparnya.

“Orang-orang dengan resiko tinggi juga rentan terpapar Covid-19 seperti berpenyakit penyerta (komorbid), yang meliputi hipertensi; diabetes; jantung; asma; dan gagal ginjal,” terangnya.

Karenanya ia mengajak mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong memerangi Covid-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta disiplin dengan protokol Kesehatan.

Sementara itu, webinar kerja sama Pengurus RW 08 Tirtajaya dengan Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Bait Al Barokah Cluster Dahlia, Bella Casa Residence bertajuk ‘Bagaimana Pola Hidup dan Cara Memerangi Covid-19?’ itu juga turut menghadirkan Ketua RW 08, Rahmat Hidayat selaku pembicara.

Menurut Rahmat, Kota Depok saat ini resmi berstatus zona merah Covid-19. Hal itu berarti Depok memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan