Singkirkan Cile, Brasil Melaju ke Semifinal Copa America 2021

BRASIL – Lucas Paqueta mengantarkan Brasil ke semifinal Copa America 2021 setelah gol tunggalnya sukses menekuk Cile 1-0 di Estadio Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (3/7) pagi WIB. Di semifinal, Brasil yang berstatus tuan rumah turnamen, menantang Peru yang menyingkirkan Paraguay di perempat final.

Cile mampu merepotkan Brasil sejak babak pertama dimulai dan mendominasi permainan hingga memaksa tuan rumah bertahan. Cile mendapat peluang emas di menit ke-10 melalui tendangan jarak jauh Eduardo Vargas, tetapi bola masih mengarah tepat di jangkauan kiper Ederson Moraes.

Brasil balik mengancam lima menit berselang. Kali ini giliran Richarlison yang melakukan percobaan dari jarak jauh. Namun, Claudio Bravo masih bisa menyelamatkan bola.

Tim tuan rumah nyaris mencetak gol di menit ke-22. Roberto Firmino menyambut umpan silang Neymar dengan tendangan voli, tapi belum menemui sasaran. Lima menit kemudian, Cile hampir memecah kebuntuan saat Vargas mengirim bola langsung ke gawang yang dimentahkan oleh Ederson.

Gabriel Jesus mendapat kans emas dua menit sebelum babak pertama berakhir. Menerima umpan dari Neymar, penyerang Manchester City itu melepaskan tembakan, namun masih bisa digagalkan Bravo. Babak pertama ditutup dengan tanpa gol.

Brasil memulai babak kedua dengan baik setelah pemain pengganti Lucas Paqueta membobol gawang Cile di menit ke-47. Menerima bola sodoran Neymar, Paqueta mengecoh bek Cile sebelum membobol gawang Bravo.

Tim tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain dua menit setelah mencetak gol, tepatnya menit 49. Gabriel Jesus diusir wasit akibat mengarahkan tendangannya ke Eugenio Mena.

Unggul jumlah pemain, Cile terus menggempur pertahanan Brasil. Mauricio Isla sempat mencetak gol di menit ke-62 usai menyambut tendangan bebas Charles Aranguiz. Namun, hakim garis sudah terlebih dahulu mengangkat bendera tanda offside.

Charles Mena nyaris menyamakan kedudukan lima menit kemudian lewat bola tandukannya. Sayang, bola masih membentur mistar gawang Brasil. Hingga laga berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Brasil tak berubah. Brasil ke semifinal dan menantang Peru.

Brasil 1-0 Cile

(Lucas Paqueta 46)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan