oleh

Buat yang Masih Bingung, Ini Perbedaan PPKM dengan PSBB dan Lockdown

JAKARTA – Pemerintah Indonesia baru saja menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Daurat yang secara resmi dijalankan pada 3 Juli – 20 Juli 2021.

Sebelum PPKM, pemerintah juga pernah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Lantas, apa perbedaan PPKM dan PSBB? Bagaimana pula perbedaan PPKM dengan lockdown?

Pengertian PPKM:

PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Pembatasan kegiatan masyarakat ini hanya berlaku pada kota dan kabupaten tertentu, bukan keseluruhan provinsi.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan ke Lembang Sempat Membludak, Satgas Covid-19 Bilang Begini

Di Indonesia, sebelumnya telah berlaku PPKM Mikro yang mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 14 Tahun 2021. Namun, seiring bertambahnya kasus Covid-19, pemerintah kini menerapkan PPKM Darurat.

Meski belum memiliki aturan yang melandasi, PPKM Darurat dipilih untuk menekan penyebaran virus corona dengan skala yang lebih besar.

Sesuai namanya, PPKM Darurat diberlakukan karena suatu wilayah telah memasuki kondisi gawat darurat. Contohnya di Jakarta, ICU di rumah sakit sudah dipenuhi lebih dari 70% pasien Covid-19.

Baca Juga:  Alhamdulillah! Berkat PPKM, Cimahi Keluar dari Masa Krisis

Tingkat kematian akibat virus corona juga meningkat di atas 3% dan tingkat kesembuhan di bawah 82%. Hal inilah yang mendasari pemerintah untuk memberlakukan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga