Puskesmas Jatinangor Gencarkan 3T, Ratusan Warga dalam Pengawasan

SUMEDANG – Meningkatnya angka penyebaran Covid-19 di Tanah Air tengah terjadi di beberapa daerah, termasuk di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Terkait hal itu, Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Jatinangor, Elya Malakomar mengatakan, ratusan warga di Kecamatan Jatinangor tercatat positif.

“Yang diperiksa di Faskes (Fasilitas Kesehatan) kita 108 (orang warga), sampai hari ini tanggal 29,” ujar Elya kepada Jabar Ekspres di Puskesmas Jatinangor, Selasa (29/6).

Dari sebanyak 108 orang yang telah dilakukan pemeriksaan oleh pihak puskesmas, kata Elya, 33 warga sudah selesai melakukan isolasi mandiri.

“Yang masih dalam pemantauan ada 75 orang, dan itu semua yang diperiksa di sini dari tes swab antigen,” ucapnya.

Elya menjelaskan, untuk masyarakat di Kecamatan Jatinangor yang diperiksa oleh pihak puskesmas, tidak ada yang melalui tes PCR.

“Ini swab antigen positif, bukan PCR. Kita dalam pemantauan PCR positif ada 3 orang,” imbuh Elya.

Ia menerangkan, untuk tiga orang warga yang sedang dalam pemantauan tersebut, diketahui mereka melakukan testing PCR bukan di Puskesmas Jatinangor, melainkan di Fasilitas Kesehatan luar.

“PCR positif (Covid-19) tiga orang, tapi testingnya di luar, Faskes (Fasilitas Kesehatan) luar,” tuturnya

Dalam pemaparannya, Elya mengatakan, untuk para warga yang tengah menjalani masa isolasi mandiri, pihak Puskesmas Jatinangor melakukan upaya pengawasan kesehatan baik melalui media sosial atau kunjungan langsung, apabila darurat.

Selain itu lanjutnya, pihak Puskesmas Jatinangor juga memberikan vitamin supaya imun tubuh pasien tetap terjaga. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan