oleh

DPRD Jabar Desak TPA Sarimukti Ditutup Permanen, Ini Alasannya

CIPATAT – DPRD Jawa Barat meminta agar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, di Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) agar segera ditutup permanen.

Alasannya karena saat ini sudah disiapkan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka sebagai tempat pembuangan sampah di wilayah Bandung Raya menggantikan TPA Sarimukti.

“Sarimukti harus segera ditutup karena akan dibuka Legok Nangka yang diproyeksikan menampung sampah di Bandung Raya,” Ketua Pansus II DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdy Yuhana kepada wartawan, Selasa (29/6).

Baca Juga:  Bapemperda Usulkan 6 Ranperda, Satu Fraksi DPRD Jabar Menolak

Dalam sehari setidaknya 450 truk yang mengangkut sampah dari wilayah Bandung Raya masuk ke TPA di Kecamatan Cipatat ini. Alhasil kapasitas penampungan sampah TPA Sarimukti sudah tidak layak karena mengalami kelebihan daya tampung.

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan lima kabupaten/kota di Bandung Raya termasuk Sumedang untuk membuat semacam kesepakatan agar segera dilakukan perjanjian kerjasama supaya permasalahan sampah segera ditangani.

“Secara substansi semua kabupaten/kota sudah sepakat agar TPPAS Legok Nangka segera berjalan,” bebernya.

Baca Juga:  BOPD Dianggap Belum Bisa Menutupi Biaya Operasional SMA/SMK di Jabar

Hanya sedikit persoalan yang dikeluhkan pemerintah daerah, yakni kendala biaya tipping fee pengangkutan sampah ke Legok Nangka yang bakal membebani anggaran daerah.

Pihaknya juga sudah bertemu dengan pihak Perhutani sebagai pemilik lahan untuk menggali informasi tentang TPA Sarimukti.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga