Waspada! Warga Karawang dan Kota Depok Terpapar Varian Delta India

BANDUNG – Gubernur Ridwan Kamil mengungkapkan COVID-19 varian Delta sudah ditemukan di Jabar yakni Kabupaten Karawang dan Kota Depok.

Dia meminta, masyarakat untuk patuh dan disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan 5M secara masif. Hal itu guna meminimalisasi penularan varian baru.

BACA JUGA: 25 Warga Jabar Positif  Covid-19 Varian Delta, Dinkes Turun Tangan

“Berita paling penting, varian baru Delta sudah hadir di Jabar. Ini menandakan kita harus tetap waspada, hadir di Karawang dan Kota Depok. Berdasarkan kajian Whole Genome Sequencing (WGS) dari Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eijkman dan LIPI,” ucap pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

“Dengan begitu, kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan dengan prokes 5M itu harus lebih ditingkatkan lagi. Kalau bisa prokes 5M tersebut bisa diakselerasi lagi.

Kendati begitu, secara matematis kematian di Jabar, masih terkendali di angka 1,3 persen. Walaupun memang kasus aktif tengah meningkat sebesar 8,34 persen.

BACA JUGA: WHO Prediksi Varian Mutasi India Akan Mendominasi

“Secara umum kematian di Jabar masih terkendali di angka 1,3 persen dan kasus aktif memang meningkat juga keterbatasan pengetesan sedang kita upayakan,” kata dia.

Untuk mengurangi penularan kasus aktif di Jabar, vaksinasi diperbolehkan bagi warga yang berusia di atas 18 tahun. Hal itu guna membentuk kekebalan kelompok secara stagnan di tiap daerah.

“Dan juga sudah diputuskan vaksinasi di Jabar diperbolehkan untuk seluruh warga di atas 18 tahun,’’kata dia.

BACA JUGA: Varian Covid-19 India Paling Cepat Menular, Salah Satu Gejalanya Penurunan Pendengaran

Jadi tidak ada lagi sekarang vaksinasi dibatasi untuk tenaga kesehatan dan TNI/Polri kemudian lansia, kita akan menghabiskan semua vaksinasi untuk mengejar herd immunity.

‘’Sehingga tidak hanya di Bandung Raya dan Bodebek tapi juga di seluruh Jabar,” ungkapnya.

Apalagi menurut informasi dari Kementerian Kesehatan RI ketersediaan vaksin tahap dua sudah aman.

BACA JUGA: Gejala Penyakit yang Bisa Dicurigai Covid-19

“Dengan kepastian suplai vaksin tahap dua sudah dijamin oleh Kemenkes RI. Dengan begitu arahan presiden agar vaksinasi bisa akseleratif puncaknya di Agustus khususnya di Jabar menggunakan tempat yang besar seperti stadion,” tutupnya. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan