Keren, Kesadaran Warga yang Tinggi Jadikan Vaksinasi Lansia di Desa Cikuya Bandung Berjalan Lancar

CICALENGKA – Pelaksanaan vaksinasi tahap awal bagi warga lanjut usia (lansia) di Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung berjalan lancar. Sampai saat ini, sudah lebih 240 orang warga lansia di desa tersebut yang telah mendapat vaksinasi.

“Sampai sekarang kalau jumlah keseluruhan ada 240 orang lansia di Desa Cikuya yang sudah divaksin,” ujar Kepala Desa (Kades) Cikuya, Dadan Suganda  melalui pesan singkat, Senin (21/6).

Antusias warga yang berpartisipasi dalam vaksinasi lansia di Desa Cikuya yang cukup tinggi tersebut diakui oleh Kepala Dusun (Kadus) Tiga, Denny Darmansyah.

Ia mengatakan, dari setiap RW dalam pelaksanaan vaksinasi lansia, terdapat puluhan warga yang ikut berpartisipasi.

“Alhamdulillah di kita (Desa Cikuya) cukup banyak. Selain karena sosialisasi dan edukasi dari desa, kesadaran warga juga cukup tinggi,” kata Denny saat ditemui di kantor desa, Sabtu (19/6) kemarin.

Menurut Denny, dengan adanya respons positif dari warga mengenai vaksinasi dapat melancarkan program pemerintah sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ia melanjutkan, jika semua warga Desa Cikuya berjalan lancar dalam program vaksinasi, maka penyebaran virus Covid-19 dapat diminimalisir.

“Kita tidak hanya didata saja, tapi didokumentasikan, siapa saja warga yang sudah divaksin,” ucap Denny.

Ia menerangkan, hal itu dilakukan sebagai bukti bahwa vaksinasi yang dilakukan tepat sasaran dan jelas setiap warganya.

Upaya Pihak Desa Sukseskan Vaksinasi Lansia

Pihak desa siap membantu saat ada warga yang kesulitan untuk datang pada pelaksanaan vaksinasi karena tidak ada kendaraan. Sebuah mobil untuk menjemput dan mengantarkan peserta vaksinasi kembali pulang sudah disiapkan.

“Kita jemput warga kalau ada yang susah berjalan atau enggak ada kendaraan. Kalau ada yang tidak bisa ikut vaksin karena pas diperiksa tensi darahnya tinggi, ada gejala penyakit lain misalkan, kita tetap antarkan kembali pulang,” imbuh Denny.

Sementara itu, Denny menuturkan, untuk vaksinasi tahap kedua bagi lansia Desa Cikuya akan diselenggarakan pada 7 Juli 2021 mendatang.

Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk turut mewujudkan kekebalan kelompok, Denny berharap penyebaran virus Covid-19 dapat diminimalisir. Khususnya di wilayah Desa Cikuya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan