5 Tips Berorganisasi Sambil Tetap Berprestasi

Ketiga, maksimalkan waktu di kelas. Jika waktu di luar kelas menjadi sangat sibuk karena segudang aktivitas lainnya seperti berorganisasi maka maksimalkan yang ada.

Dalam tips berorganisasi sambil tetap berprestasi, sangat disarankan untuk memaksimalkan waktu belajar di kelas. Caranya bagaimana? Catat semua materi yang diberikan guru ataupun dosen lalu segera tanyakan jika ada yang belum jelas. Kemudian buat poin-poin pentingnya agar ketika mengulangi materi tersebut tidak perlu membaca semua catatan.

Keempat, manfaatkan hari libur. Sebaiknya jangan mengambil jadwal organisasi yang dilaksanakan pada hari biasa ataupun hari libur. Pilih salah satu apakah akan berkegiatan di hari biasa atau di hari libur? Mengapa? Agar nantinya hari libur bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk hal lainnya.

Misalnya kalau ikut organisasi pada hari biasa maka hari libur bisa digunakan untuk beristirahat dan mengulangi materi pelajaran. Sebaliknya kalau memilih jadwal organisasi pada hari libur maka setelah jam sekolah gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengulang pelajaran dan istirahat.

Kelima, tips terakhir yaitu selalu jaga kesehatan. Prestasi akademik yang bagus sulit didapatkan oleh mereka yang sering absen di kelas karena sakit. Jadi di antara segudang kegiatan yang dilakukan tersebut jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh dan kesehatan.

Makan, minum dan konsumsi vitamin secara teratur agar tetap sehat. Lakukan olahraga ringan agar tubuh selalu bugar.

Dengan melakukan tips berorganisasi sambil tetap berprestasi tersebut diharapkan siswa maupun mahasiswa bisa menyeimbangkan kegiatan akademik dengan aktivitas lainnya. Dengan begitu, prestasi akademik tidak akan turun atau terganggu akibat mengikuti organisasi. Prestasi tetap cemerlang dan pengalaman organisasi tetap didapatkan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan