Teras Cihampelas Return, Teras Cihampelas Go Online

BANDUNG – Pandemi Covid19 yang saat ini terjadi secara nyata telah menimbulkan kemunduran ekonomi di semua sektor, termasuk berdampak terhadap pelaku usaha non formal.

Salah satu yang terdampak langsung adalah para pelaku usaha non formal binaan Dinas KopUKM Kota Bandung yang ada di Teras Cihampelas atau Cihampelas Skywalk Kota Bandung.

Teras Cihampelas yang dahulunya dikenal sebagai ikon wisata di Kota Bandung menjadi sepi dan kegiatan ekonomi di teras Cihampelas tersebut menjadi mati suri.

Sebagai upaya Pemerintah Kota Bandung dalam membangkitkan ekonomi di tengah pandemi Covid19 khususnya di Teras Cihampelas, maka Pemerintah Kota Bandung menggelar berbagai macam kegiatan untuk mereaktivasi Teras Cihampelas. Di antaranya, pemeliharaan dan perbaikan sarana prasarana, merevitalisasi taman, penertiban pedagang kaki lima yang tidak tertib dan peningkatan kapasitas pedagang, serta promosi.

Secara khusus, Dinas KopUKM Kota Bandung menggelar kegiatan reaktivasi area wisata belanja dan kuliner Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas diawali dengan kegiatan Bimtek pada hari Selasa tanggal 15 Juni 2021 bagi para pelaku UKM Teras Cihampelas yang dilaksanakan di Hotel Aston Tropicana Cihampelas.

Kegiatan Bimtek tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta harus dites swab rapid antigen Covid19 bantuan dari Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat melalui fasilitasi DisKUK Provinsi Jawa Barat.

Jumlah peserta adalah 75 peserta, sesuai dengan kapasitas 30% dari kapasitas ballroom yang dipakai. Pada Bimtek yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas KopKUKM Kota Bandung  yakni Drs. Atet Dedi Handiman, para peserta dibekali pengetahuan mengenai sistem perdagangan dan pembayaran di era digital, kemitraan, pengelolaan keuangan usaha sederhana. Pedagang juga didorong untuk meningkatkan kualitas produknya sehingga diterima oleh masyarakat dan mempunyai daya saing.

Kegiatan reaktivasi dilanjutkan dengan promosi area wisata Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas  pada hari Sabtu, 19 Juni 2021.

Reaktivasi Teras Cihampelas dengan tagline acara “ Teras Cihampelas Return, Teras Cihampelas Go Online” dan tema acara Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi ini memiliki target/ goals kegiatan yaitu menghidupkan kembali roda ekonomi para pelaku UKM setelah dihantam dampak dari pandemi Covid19 selama kurang lebih 1 tahun lebih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan