Usia Termuda Euro 2021, Jude Bellingham Gabung Tim Senior Inggris

LONDON – Kick off liga bergengsi di Benua Biru, Piala Eropa 2020 akan dimulai dalam beberapa hari lagi. Perhatian seluruh dunia akan terpusat pada permainan-permainan top bintang besar di tanah Eropa. Selain itu sosok pemain termuda di Euro 2021, Jude Bellingham juga menjadi sorotan.

Memang, publik sudah tak asing lagi dengan bintang-bintang senior seperti Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal, Harry Maguire di Timnas Inggris atau Manuel Neuer yang menjadi andalan Timnas Jerman.

Kendati pemain senior masih menampakkan dominasi, pemain muda pun mulai menampakkan keunggulannya. Pemain termuda di Euro 2021 kali ini dipegang oleh Jude Bellingham yang akan memulai debut perdananya bersama timnas senior.

Dilansir dari suara.com, saat ini Jude Bellingham masih berusia 17 tahun 338 hari. Rekor pemain muda sebelumnya juga pernah dipegang senior Timnas Inggris, Wayne Rooney, ketika memperkuat Timnas Inggris pada 2003 silam. Saat itu usia Rooney baru 17 tahun 321 hari.

Jude Bellingham menghabiskan masa kecilnya di Birmingham. Laki-laki kelahiran 29 Juni 2003 ini mengenal sepak bola sejak berusia delapan tahun. Saat itu dia menjadi anggota Birmingham FC termuda.

Walau menjadi pemain termuda di Euro 2021, Jude Bellingham bukanlah sosok yang asing. Sebelum bermain bersama Tim Nasional Inggris, Jude Bellingham, adalah anggota tim nasional U-16 dan U-21.

Penampilannya yang cemerlang membuat anak muda itu dipanggil ke Timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate. Debutnya bersama Timnas Inggris senior dimulai pada November 2020 lalu.

Saat itu Timnas Inggris menghadapi Irlandia dalam pertandingan persahabatan di Wembley Stadium London. Dia masuk di menit ke-73 menggantikan Mason Mount.

Karier Jude Bellingham di klub dimulai pada 2019 saat bergabung dengan Birmingham FC. Karier yang cemerlang kemudian membawa Jude Bellingham berlabuh ke Borussia Dortmund setahun kemudian.

Di klub kenamaan Jerman tersebut, kemampuan Jude Bellingham makin terasah dengan kolaborasi bersama pemain senior. Jude Bellingham ikut berkontribusi dalam goal yang diciptakan Kapten Borussia Dortmund, Marco Reus, saat melawan Manchester City dalam laga lanjutan Liga Champion 2021. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan