Waspada! Penjualan Ijazah Perguruan Tinggi Marak Dijual di Marketplace Shopie

Penawaran pembuatan jasa Ijazah perguruan tinggi dan lembaga pelatihan yang diduga palsu saat ini, sangat marak ditawaran di aplikasi Marketplace Shopie.

Berdasarkan penelusuran  tidak hanya sebatas memberikan jasa pembuatan surat kelulusan saja, tapi jasa pembuata e-KTP, Pengurusan SIM, sertifikat kelembagaan dan akta cerai, juga banyak ditawarkan oleh akun-akun penjual jasa di aplikasi itu.

Melalalui Akun biro_jasa yang ada di aplikasi Shopie menawarkan pembuatan ijazah dari Universitas Terbuka dengan keterangan penawaran “IJ SI dan S2 asli terdaftar.

Tidak itu saja, berdasarkan keterangan di penawarannya, pihaknya menawarkan pembuatan ijazah dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan melayani jasa seluruh Indonesia.

‘’Semua Kota, semua daerah bisa ya,’’kata akun itu dalam tulisan keterangan pejualannya.

Akun biro-jasa itu menyebutkan beberapa izajah dari berbagai universitas dan perguruang tinggi diantaranya: Universitas Terbuka, Universitas Esa Unggul, Universitas Mercubuana, Universitas Trisaksti, Universitas pamulang, Universitas Islam Bandung, Universitas Katolik Parahiyangan, Universitas Diponogoro, UI, UGM dan masih banyak lagi.

Sejauh ini belum ada upaya dari pihak Shopie untuk menertibkan akun-akun penjualan yang menawarkan jasa pembuatan izajah itu.

Namun, kelihatannya sudah banyak pemesanan yang dilakukan melalui akun itu. Hal ini terlihat dari histori penjualannya. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan