Kerjakanlah Salat Seperti Salatnya Perpisahan

Kerjakanlah shalat seakan-akan engkau tidak akan bersua lagi dengannya. Makna yang dimaksud ialah, kerjakanlah shalat di awal waktunya karena sesungguhnya ibadah yang paling baik ialah mengerjakan shalat di awal waktunya. Dan kerjakanlah shalat dengan penuh khusyuk serta lengkap dengan semua sunah-sunahnya, seakan-akan engkau hendak berpisah dengan orang yang paling engkau cintai.

Ketika Nabi Saw. bertanya kepada Malaikat Jibril tentang makna Ihsan, maka Malaikat Jibril a.s. menjawab, “Hendaklah engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya; dan jika engkau tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.” Hal ini identik dengan pengertian Raqabah yang terkandung dalam firman-Nya, “Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kalian.” (QS. An-Nisa, 4:1).

Orang yang kaya bukanlah orang yang memiliki harta yang berlimpah, karena adakalanya orang yang kaya itu masih menginginkan apa yang dimiliki oleh orang lain, tetapi orang yang kaya ialah, orang yang tidak mengharapkan apa yang ada di tangan orang lain, atau dengan kata lain ialah orang yang tidak tamak. Dan tinggalkanlah hal-hal yang akibatnya tidak diinginkan, niscaya kita hidup selamat.

Semoga kita tetap istiqomah melakukan shalat dengan khusyu’, dan menangis sehingga shalat kita seperti shalat perpisahan karena ingat akan kematian. Wallahu A’lam bish Shawab.

 

 

Drs.H. Karsidi Diningrat, M.Ag

* Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung

* Mantan Ketua PW Al Washliyah Jawa Barat

Tinggalkan Balasan