Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Paska Lebaran, RS Hasan Sadikin Siapkan Strategi

BANDUNG – Meski saat ini belum terjadi lonjakan tinggi pasien Covid-19 yang dirawat. Namun Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung telah menyiapkan strategi guna antisipasi lonjakan kasus Covid-19 paska libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2021.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna Sp.PD-KP menuturkan, RSHS saat ini menyediakan sebanyak 234 ruang isolasi pasein Covid-19, kemudian 16 tempat tidur ICU dengan ventilator dan tanpa ventilator.

“Ada juga 184 ruang tidur isolasi dan 10 ruang isolasi khusus Covid-19 di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kemudian kebutuhan oksigen 15 ribu liter oksigen disuplai secara rutin dua kali seminggu,” ucap dr. Yana di Bandung, Kamis (3/6).

“Kemudian juga gas medis monitoring rutin, sistem alarm-nya kalau kekurangan sudah kami harus siapkan,” imbuhnya.

Terkait Alat Pelindung Diri (APD), Yana mengakui pihaknya sudah punya sebanyak 17 ribu unit untuk berjaga-jaga terjadi lonjakan hingga 40 persen. Begitu pula soal obat-obatan dipastikan cukup untuk dua bulan kedepan.

Untuk kebutuhan SDM kesehatan, pihaknya menyiapkan tim mobilisasi SDM untuk menangani lonjakan kasus Covid-19. Ia berharap semua masyarakat bisa saling membantu memutus penularan dengan menerapkan protokol kesehatan, minimal adalah 3M.

“Kebutuhan SDM sudah siapkan mobilisasi SDM apabila ada lonjakan kasus. Tentu saja kami berharap memutuskan penularan, butuh kerja sama semua,” pungkasnya. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan