Rencana Pemekaran KBU Diharapkan Tak Timbulkan Konflik

LEMBANG – Perwakilan tokoh masyarakat dari Kecamatan Cisarua, Parongpong, dan Lembang (Cipale) bersepakat mewacanakan pemekaran Kawasan Bandung Utara (KBU).

Ketua Tim Inisiator Komite Pemekaran KBU, Agung Darsono mengatakan, atas dasar aspirasi masyarakat di KBU telah terbentuk Komite Pemekaran KBU dan akan melaksanakan mandat dalam menjalankan tahapan pemekaran.

“Komite terbentuk dari aspirasi masyarakat KBU yang ingin mandiri mengelola wilayahnya,” kata Agung, Rabu (2/6).

Agung berharap warga KBU yang menjadi tim inisiator untuk terus menyosialisasikan kepada berbagai stakeholder untuk mendukung proses pemekaran KBU.

Apalagi saat ini tokoh dan masyarakat yang mendukung pemekaran di tiga kecamatan sudah mencapai 20 persen.

Menurutnya, tidak ada yang mustahil dengan wacana pemekaran KBU walaupun pemekaran Kota Lembang yang lebih dulu mencuat pun belum terealisasi.

Contohnya Kabupaten Pangandaran, mengacu UU Otonomi Daerah tidak layak karena tidak ditunjang infrastruktur yang memadai.

“Tapi kan mereka bisa dimekarkan jadi daerah otonomi baru karena kuatnya aspirasi dari masyarakatnya. Jadi tidak ada yang mustahil, karena komite ini didirikan atas keinginan masyarakat, dimana kedaulatan tertinggi ada di masyarakat,” tegasnya.

Camat Parongpong, Iwan Mustawan Azis menyebutkan, mencoba memfasilitasi soal munculnya wacana pemekaran KBU supaya tidak ada informasi yang simpang siur.

Secara struktur dirinya belum menerima perintah dari Plt Bupati soal rencana tersebut. Namun jika pimpinan mendukung pemekaran maka dirinya juga siap.

“Wacana pemekaran sah-sah saja, tapi tetap harus sinergis dengan pemerintah daerah agar jangan sampai jadi konflik atau perpecahan di warga. Kan tidak semua orang setuju dengan pemekaran,” ujarnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan