Hasil Jual Tinta Printer Palsu Hingga Untung 200 Juta, Pria Ini Divonis 1,5 Tahun Penjara

JAKARTA – Amrizal alias Malik, 50, berniat cari untung dari menjual tinta printer dengan harga miring. Namun, dia justru harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pria lulusan Sekolah Dasar (SD) itu justru harus mendekap di balik jeruji besi.

Hal ini lantaran Amrizal memproduksi dan menjual tinta tiruan dengan mencatut nama produk keluaran PT Epson Indonesia. Kejahatannya pun tercium. Hingga mengantarkan dia ke proses hukum di kepolisian.

Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang dipimpin oleh Majelis Hakim Syahlan bersama Kamaludin dan Eko Aryanto akhirnya menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara. Vonis tersebut lebih ringan 1 tahun dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pria asal Padang, Sumatera Barat itu  dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan tanpa hak menggunakan merek yang sama pada keseluruhannya dengan  merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, jika antara beberapa perbuatan, meskipun masing-masing merupakan kejahatan atau pelanggaran, ada hubungannya sedemikian rupa sehingga harus dipandang sebagai satu perbuatan yang berlanjut.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Amrizal alias Malik oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 6  bulan dan denda sebesar Rp 500.000.000 apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan,” kata Hakim Ketua Syahlan dalam putusannya.

Adapun hal yang memberatkan vonis ini yaitu perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan merugikan PT Epson Indonesia. Sedangkan hal-hal yang meringankan yakni terdakwa bersikap sopan di persidangan, terdakwa mengakui terus terang perbuatannya, dan terdakwa menyesal dan berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Kasus ini terjadi pada 2019 lalu di rumah Amrizal di Jalan Rawa Kepa IX Nomor 83 RT 008 RW 012 Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Saat itu, Amrizal memproduksi tinta botol untuk printer memakai botol merek Epson.

Amrizal memalsukan tinta dengan cara mensortir botol tinta atau katrid yang masih layak dipergunakan. Apabila ada botol tinta yang kemasan stikernya rusak, akan dicopot menggunakan gunting. Kemudian diganti dengan stiker baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan