Desa Cikuya Bandung Tangani Warga yang Terpapar Covid-19 Sampai Sembuh

CICALENGKADesa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung perketat wilayah guna mencegah terjadinya lonjakan penyebaran virus Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Cikuya, Dadang Suganda menuturkan, pihaknya selalu mengecek apabila ada warga luar daerah yang hendak mengunjungi keluarganya di Desa Cikuya, apalagi pasca Lebaran.

“Harus lapor ke RT, dengan bukti laporan hasil swab. Kalo positif baru isolasi mandiri,” kata Dadang kepada Jabar Ekspres di balai Desa Cikuya, Jumat (28/5).

Ia mengaku, hingga saat ini wilayah Desa Cikuya masih dalam kondisi aman terkendali.

“Tetap terkendali, tiap mesjid ada penyemprotan, jalan-jalan yang dilewati juga disemprot. Dilaksanakan sesuai prokes,” pungkas Dadang.

Penyemprotan itu dijelaskan lebih rinci oleh Dadang sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Sementara itu di lokasi yang sama, Kepala Dusun (Kadus) Tiga, Deni Darmansyah menerangkan untuk wilayah Desa Cikuya di RW 06 sempat ada yang terindikasi terpapar virus Covid-19.

“Di RW 6, harus isolasi mandiri, kita udah konfirmasi dan telah dilakukan penanganan sampai sembuh,” imbuh Deni.

Deni mengatakan, saat proses penanganan warga yang melakukan isolasi mandiri, pihak desa mendukung dengan menyuplai kebutuhan pangan serta obat-obatan.

“Disiapkan logistik untuk bantuan pangan sama obat bagi yang terpapar dan harus melaksanakan prokes,” tuturnya.

Kemudian Dadang menerangkan, yang dimaksud tetap melaksanakan protokol kesehatan saat mengurus warga dalam masa isolasi, pihak desa berkomunikasi menggunakan telepon seluler.

“Jadi kalau stok makan udah mau habis, warga telpon ke kita kemudian kita antarkan ke tempat isolasi dan disimpan di atas meja biar dia yang ambil. Jadi tetep jaga jarak dan taat prokes,” ucap Dadang.

Pemberian logistik bagi yang terpapar kata Dadang dilakukan hingga warganya benar-benar sembuh dari virus Covid-19.

“Setelah 14 hari konfirmasi ke rumah sakit dan diperiksa. Baru kalau udah bener-bener sehat dikasih surat keterangan sehat dan boleh keluar,” ujar Dadang.

Dalam pemaparannya, Dadang mengimbau agar warga khususnya Desa Cikuya selalu menerapkan protokol kesehatan dan PPKM tetap dijalankan. (Mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan