oleh

Terlambat Cair, Dana Bantuan Keuangan Pemprov Bagi 165 Desa di KBB, Ini Penyebabnya

NGAMPRAH – Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), sebagian besar desa masih belum melengkapi persyaratan pencairan bantuan keuangan dari provinsi.

Hal itu berbuntut pada terlambatnya pencairan bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat tahun 2021 untuk 165 desa di Kabupaten Bandung Barat lantaran masih terganjal persyaratan administrasi.

“Persyaratan yang belum dipenuhi itu, antara lain menyangkut surat pertanggungjawaban atau SPJ penggunaan bantuan keuangan tahun 2020 dan proposal untuk bantuan tahun 2021 yang masih belum sesuai juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis),” kata Kepala DPMD Kabupaten Bandung Barat Wandiana, Rabu (26/5).

Baca Juga:  Satpol PP KBB Bakal Sanksi Pelanggar Aturan PPKM Darurat

Menurutnya, berdasarkan hasil verifikasi SPJ beberapa desa yang sudah masuk ada yang masih perlu perbaikan. Begitupun untuk proposal banyak yang belum sesuai juklak dan juknis.

“Ada beberapa yang sudah sesuai persyaratan, baik itu SPJ maupun proposalnya. Sesuai kesepakatan dengan kepala desa, paling tidak untuk pencairan tidak harus menunggu semua desa melengkapi persyaratannya. Minimalnya setiap 10 desa langsung kita ajukan untuk pencarian,” tuturnya.

Baca Juga:  Dinkes KBB Respons Soal Insentif Nakes KBB yang Belum Cair

Sementara itu, Wakil Ketua Apdesi Kabupaten Bandung Barat Asep Yussuf Bakthi membenarkan masih ada beberapa desa yang belum melengkapi SPJ sebagai salah satu syarat untuk pencairan bantuan keuangan dari Pemprov Jabar tersebut.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga