Aplikasi Cileles Smart Mudahkan Pelayanan Desa, Kades: Media Informasi Transparansi

SUMEDANG – Memanfaatkan teknologi informasi, Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang tengah menggarap aplikasi guna memudahkan pelayanan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Cileles, Duduy Abdul Holik bahwa pihaknya sedang akan meluncurkan sistem aplikasi untuk pelayanan.

“Yang sedang finalisasi membuat aplikasi pelayanan, namanya Cileles Smart, berbasis Android,” ujar Holik kepada Jabar Ekspres di tempat kerjanya pada Selasa (25/5).

Menurutnya dengan memanfaatkan teknologi informasi, selain memudahkan pelayanan juga supaya warga tidak perlu mengantre saat hendak melakukan kepengurusan berkas.

Meskipun demikian, Holik sadar bahwa warga Desa Cileles belum sepenuhnya memahami teknologi berbasis Android.

Mengantisipasi kebingungan, Holik mengatakan, ia bersama perangkat desa telah gencar lakukan sosialisasi kepada warga terkait akan dibentuknya aplikasi guna memudahkan pelayanan.

“Saya waktu dilantik bulan Januari, aplikasi sudah mulai disiapkan. Tahap sekarang sosialisasi sambil pematangan aplikasi,” pungkas Holik.

Ia menerangkan, untuk saat ini Desa Cileles memang sudah memiliki web site dengan nama domain pemdescileles.com.

Walaupun begitu, menurutnya aplikasi yang tengah dimatangkan itu akan lebih efisien sebab tidak hanya terbatas sebagai media informasi Desa Cileles saja.

“Kita tidak akan menyembunyikan soal pembangunan dan sebagainya. Media informasi transparansi,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya Holik menjelaskan, aplikasi Cileles Smart juga nantinya dapat terhubung langsung dengan sistem Pemerintahan Daerah Sumedang.

“Misal yang masyarakat kurang mampu harus terdaftar secara DTKS. Secara pematangan seiring dengan waktu disempurnakan, dan langsung terhubung dengan sistem,” tutur Holik.

Menurut Holik, aplikasi Cileles Smart nantinya selain dapat memudahkan warga dalam pelayanan juga dapat menjadi media informasi.

“Harapan dapat membantu secara maksimal dalam pelayanan terhadap masyarakat, ada media informasi transparansi,” tutup Holik. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan