oleh

Sebanyak 10.000 UMKM Jabar Siap Ekspor Hingga 2023

BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmadja menyebutkan, sebanyak 10.000 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jabar siap ekspor hingga tahun 2023.

Dikatakannya, sejak tahun 2019 tercatat sebanyak 5.500 UMKM telah mengikuti pendampingan ekspor melalui program UMKM Juara. Bahkan, ucap dia, dari 132 UMKM diantaranya memiliki potensi ekspor dengan produk asesoris, batik kriya, fesyen, makanan dan minuman olahan.

“Negara tujuan ekspor Kawasan ASEAN, Belanda, Jepang, India, Taiwan, Korea, Spanyol, Jerman, Arab Saudi. Berbagai upaya dilakukan Pemprov Jabat untuk meningkatkan peluang ekspor UMKM,” ucap Setiawan di Kota Bandung, Jum’at (21/5).

Baca Juga:  Penerima Bansos di Jabar Capai 7 Juta KK

“Selain pendampingan, bekerjasama dengan Kementerian KUKM RI melalui sekolah Ekspor menggelar pelatihan ekspor bagi UMKM dan aparatur Dinas KUMKM provinsi dan kabupaten/ kota se-Jabar,” imbuhnya.

Dijelaskannya, pelatihan tersebut bertujuan menumbuhkembangkan eksportir baru khususnya UMKM, kalangan perguruan tinggi dan generasi muda.

Selain itu, lanjut dia, berkontribusi pada pembangunan perekonomian nasional melalui peningkatan penerimaan devisa dan membangun kewirausahaan global. Sehingga dengan pelatihan tersebut akan membangun jejaring usaha bisnis di dalam dan luar negeri.

Baca Juga:  Anggaran Covid-19 di Jabar Capai 17,58 Persen, Dewan Minta Pemprov Fokus

“Pelatihan ini berlangsung secara kontinyu sebanyak 120 UMKM dan aparatur telah mengikuti pelatihan ini. Selain itu, guna mendorong UMKM ekspor, Pemprov Jabar melakukan kerjasama dengan FTA (Free Trade Agreement) Center  untuk layanan konsultasi, edukasi dan advokasi mencakup cara terbaik untuk memperbaiki akses pasar, kepastian hukum dan transparansi bisnis Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga