Keutamaan Menolong (Solidaritas) Sesama Muslim

Orang yang membantu saudaranya yang muslim dalam memenuhi suatu keperluannya memperoleh pahala sama dengan pahala orang yang melakukan ibadah haji dan umrah.

Dalam hadits yang lain beliau telah bersabda, “Barang siapa yang menolong saudaranya tanpa sepengetahuannya, niscaya Allah akan menolongnya di dunia dan akhirat.” (HR. Baihaqi melalui Anas r.a.).

Orang yang menolong saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan, kelak Allah akan memberikan pertolongan kepadanya di dunia dan akhirat.

Dan dalam hadits yang lain beliau telah bersabda, “Barang siapa berusaha untuk membantu keperluan saudaranya, niscaya Allah selalu memperhatikan keperluan dirinya.” (HR. Ibnu Abud Dun-ya).

Barang siapa yang membantu saudaranya, maka Allah akan membantunya. Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya selalu menolong saudaranya. Juga dalam hadits yang lain beliau bersabda, “Barang siapa memudahkan orang yang kesulitan, niscaya Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan akhirat.” (HR. Ibnu Majah melalui Abu Hurairah r.a.).

Orang yang memberi kemudahan kepada saudaranya yang sedang kesulitan, niscaya Allah akan membalasnya dengan memberikan kemudahan kepadanya, baik di dunia dan maupun di akhirat.

Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda, “Orang muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak boleh berbuat aniaya terhadapnya dan tidak boleh pula menyerahkannya (kepada musuh); barang siapa mengusahakan keperluan saudaranya, maka Allah selalu berada dalam keperluannya. Dan barang siapa menolong orang muslim dari suatu bencana, maka Allah akan menolongnya dari suatu bencana besar kelak di hari kiamat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka niscaya Allah akan menutupi aibnya kelak di hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Orang yang benar-benar muslim ialah orang yang tidak pernah berbuat aniaya terhadap saudaranya dan tidak pernah menjerumuskannya ke dalam bahaya. Barang siapa yang suka menolong saudaranya, maka Allah akan menolongnya; dan barang siapa menyelamatkan saudaranya dari suatu kesusahan, maka Allah akan menyelamatkannya dari suatu kesusahan di hari ia sangat membutuhkan pertolongan, yaitu hari kiamat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan balas menutupi kesalahan (dosa)nya kelak di hari kiamat.

Tinggalkan Balasan