oleh

Sederet Pertanyaan Janggal Tes di TWK KPK, Bahkan Ada yang Terkesan “Alay”

JAKARTA– Salah satu pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya bertugas di Humas KPK, bernama Tata Khoiriyah membeberkan pertanyaan-pertanyaan yang dianggap janggal dalam tes pengalihan status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Tata Khoiriyah sendiri merupakan salah satu diantara 75 anggota KPK yang tidak lolos dalam tes tersebut hingga dinonaktifkan dari pekerjaan. Kata dia, saat itu tes dibagi dua bagian. Ada tes tertulis, ada pula tes wawancara. Tes wawancara ini merupakan tes wawasan kebangsaan atau (TWK).

Baca Juga:  KPK Bergerak, Selidiki Aliran Suap 5 Pegawai Bank Panin kepada Pejabat Ditjen Pajak

Mulanya, dia mengikuti tes tertulis pada tanggal 9 Maret 2021 yang berlokasi di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN)

“Tes pertama yang diikuti adalah tertulis. Petugas yang menjaga memperkenalkan diri mereka perwakilan dari tim psikologi TNI AD. Ada tiga modul yang secara bergantian dibagikan dan harus kami jawab semuanya. Bentuknya pilihan ganda seputar setuju dan tidak setuju,” ujar Tata Khoiriyah dikutip dari utas yang ditulis melalui akun Twitter-nya, @Tatakhoiriyah, Sabtu (15/5).

Baca Juga:  KPK Periksa Sejumlah ASN di Ruang Wakil Bupati KBB

Dia mengatakan, kala itu jumlah soal diperkirakan sebanyak 200. Pilihannya, antara setuju dan tidak setuju. Dia memberikan contoh pertanyaan yang dianggap ambigu.

“Saya ga ingat semua pertanyaannya. Yang saya ingat hanya ada beberapa pertanyaan yang menurut saya ambigu. Saya kasih contoh ya tuips …Kurang lebih: Semua orang cina sama saja (setuju/tidak setuju). Kulit berwarna tidak pantas menjadi atasan kulit putih. (setuju/tidak setuju). UU ITE mengancam kebebasan berpendapat. (Setuju/ tidak setuju),” katanya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga