Hasil Survei, Masyarakat Puas dengan Kinerja Kang Emil Tangani Pandemi Covid-19

BANDUNG – Masyarakat Jawa Barat tampaknya puas dengan kinerja Gubernurnya, Ridwan Kamil, dalam menangani Pandemi Covid-19. Hal tersebut tampak dari hasil survei Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) yang menunjukkan sebanyak 76,5 persen menyatakan puas dengan kinerjanya.

Direktur IPRC Leo Agustino mengatakan, dengan hasil itu, berarti mayoritas responden di Jabar puas dengan penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemprov Jabar.

Tidak hanya Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil, kata dia, yang diganjar pengakuan kinerja, Pemprov Jabar sebagai institusi pun demikian.

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 54,6 persen responden puas dengan penanganan Covid-19. Sedangkan 37,8 persen menyatakan tidak puas. Pada level kabupaten/kota di Jawa Barat, 57,6 persen merasa puas terhadap penanganan pandemi, sementara 35,6 persen merasa tidak puas.

Salah satu persoalan atau masalah yang menjadi pertanyaan utama dalam penelitian tersebut terkait tingkat kepuasan para responden terhadap kinerja pemerintah. Baik pusat maupun daerah, dalam penanganan pandemi Covid-19.

’’Tingkat kepuasan tertinggi ada di Ciamis dan Tasikmalaya. Sementara tingkat kepuasan terendah di Depok,’’ kata Leo dalam acara peluncuran survei yang diselenggarakan secara virtual di Kota Bandung, Minggu (9/5).

Selain itu, menurut Leo, sebanyak 54,3 persen dari 396 responden yang diwawancarai pada 20-30 April 202, menyatakan puas terhadap apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat terkait penanganan pandemi.

’’Sementara hanya sekitar 38,9 persen yang tidak puas atau kurang puas terhadap apa yang sudah dilakukan pemerintah. Artinya, ada penanganan yang sedikit longgar beberapa waktu lalu,’’ terang dia.

Ketidakpuasan tersebut, menurut dia, wajar karena di Jabar sendiri, kurva meningkat kembali beberapa waktu belakangan

IPRC menggelar survei di sembilan kabupaten/kota di Jawa Barat yakni Depok, Bekasi, Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Purwakarta, Karawang, dan Cirebon.

Leo menambahkan, 50,5 persen responden merupakan laki-laki. Sedangkan 49,5 persen merupakan perempuan. Mayoritas responden, sebanyak 98 persen beragama Islam.

“Sebanyak 28,5 persen responden merupakan lulusan SMA atau sederajat, 69,4 persen beretnis Sunda. Mayoritas dari mereka atau sebanyak 48,7 persen berusia antara 39-58 tahun,’’ paparnya.

Di tempat terpisah, pakar hukum dan politik Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung Prof Asep Warlan Yusuf menilai, kinerja Pemprov Jabar di bawah kepemimpinan Kang Emil sudah sangat baik dalam setiap kebijakan. Termasuk di dalamnya penanganan Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Jawa Barat layak menjadi percontohan bagi provinsi lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan