oleh

Harga Daging Terus Meroket, PPI Jabar Endus Ada Permainan Bulog

DEPOK – Irama harga daging khususnya daging sapi selalu meninggi menjelang hari lebaran. Sayangnya, masyarakat awam tidak ada yang mengerti bagaimana sistem pasar bekerja.

Masyarakat awam hanya tahu bahwa setiap tahun, utamanya menjelang Hari Raya Idul Fitri harga-harga kebutuhan dasar seperti minyak goreng, bawang, hingga daging segar selalu mengalami siklus kenaikan harga.

Tapi, adakah masyarakat yang mempertanyakan mengapa harga-harga kebutuhan pokok itu tiba-tiba menjadi turun dan naik tanpa ada angin dan hujan yang melatarinya?

Ambil contoh, sampai H-2 Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, aneka kebutuhan pokok termasuk daging sapi segar di setiap pasar di Kota Depok mengalami kenaikan harga secara serempak.

Per Selasa, 10 Mei 2021 kenaikan harga daging sapi secara signifikan terjadi di dua pasar besar di Kota Depok, yakni Pasar Agung Depok 2 Timur, Sukmajaya dan Pasar Kemiri Muka, Beji.

Berdasarkan pantauan Jabar Ekspres, Senin (10/5) untuk harga daging sapi segar di Pasar Agung Depok 2 Timur dipatok dengan harga Rp150 ribu per kilogram (kg). Sedangkan, di Pasar Kemiri Muka, harga tertinggi mencapai Rp140 ribu per kg.

Jika dibandingkan dengan harga normal sebelumnya, rata-rata harga daging sapi segar yang lokal hanya berkisar Rp120 ribu-Rp125 ribu per kg.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga