oleh

Mang Oded Izinkan Masjid-Masjid di Kota Bandung Gelar Salat Idulfitri Berjamaah

BANDUNG – Pelaksanaan salat Idulfitri biasanya berlangsung di masjid raya atau lapangan luas untuk menampung jemaah dengan jumlah banyak.

Mengantisipasi kerumunan yang mungkin terjadi, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengizinkan masjid-masjid di Kota Bandung menggelar salat Idulfitri 1442 Hijriah. Upaya tersebut untuk memecah konsentrasi jemaah yang biasa melaksanakan salat Id di lapangan atau masjid besar.

“Ini merupakan upaya desentralisasi pelaksanaan salat Idulfitri. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerumunan,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial setelah mengggelar rapat terbatas bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Senin, (10/5).

“Idulfitri dilaksanakan dengan konsep desentralisasi. Artinya semakin menyebar semakin baik. Karena jumlah jemaah yang ikut dalam salat Idulfitri akan semakin sedikit,” tambahnya.

Oded berharap, setiap masjid berkapasitas kecil yang biasanya tidak melaksanakan salat Idulfitri dapat menggelar salat Hari Raya tersebut dengan jemaah di sekitarnya.

“Di Kota Bandung ada sekitar 4.000 masjid. Biasanya salat Idul fitri merupakan gabungan dari beberapa masjid di satu tempat. Kalau pendekatannya RT, itu ada 9.000an. Itu lebih baik,” ungkapnya.

Meskipun mengizinkan menggelar salat Idul fitri berjemaah di mesjid, Oded tetap mengingatkan agar setiap masjid mempersiapkan dengan matang.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga