Pemkot Bandung Gandeng Republik Ceko, Bahas Kerja Sama Penanggulangan Sampah

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Republik Ceko untuk Indonesia di Ruang Kenegaraan, Balai Kota Bandung, baru baru ini.

Pada kunjungan tersebut Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima delegasi dari Kedubes Republik Ceko yaitu Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jarolav Doleček, Deputy Duta Besar Jakub Černy, dan Asisten Kedubes Jana Horčičkova.

Kedatangan tersebut dalam rangka menjalin hubungan kerja sama dengan Kota Bandung, serta mempersiapkan kunjungan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Ceko pada Juni 2021 mendatang.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap Pemkot Bandung dan Pemerintah Republik Ceko dapat menjalin hubungan dengan baik.

“Hubungan baik antara Cekoslovakia dengan Indonesia sudah dimulai sejak Presiden RI pertama, Soekarno yang berkunjung ke sana pada 1956 dan 1961,” katanya.

“Sehubungan dengan rencana kedatangan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko. Memang saat ini masalah lingkungan hidup menjadi satu masalah utama di Kota Bandung, terutama penyelesaian masalah sampah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Yana berharap bisa menjalin hubungan seperti dengan teknologi yang dimiliki untuk membantu Kota Bandung dalam penyelesaian sampah.

“Saya harap bisa membantu Kota Bandung menyelesaikan permasalahan sampah berdasarkan pengalaman dan teknologi yang dimiliki oleh Republik Ceko,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Yana pun berbincang terkait kondisi pandemi Covid-19 dan hal-hal yang membuatnya kagum terhadap Republik Ceko.

Selain itu, dia juga mempromosikan kuliner Kota Bandung yang mendapat peringkat tujuh terbaik di dunia, dan diharapkan para delegasi Kedubes Republik Ceko bisa nyaman saat berada di Bandung.

“Sebetulnya saya teringat saat kecil, sepatu Bata ternyata itu bukan produk lokal tapi dari Cekoslovakia yang dibawa oleh Tomas Bata ke Indonesia pada tahun 1926,” ucapnya.

“Terima kasih atas kedatangannya ke Kota Bandung, mudah mudahan ke depannya dapat bekerja sama dengan baik. Saya juga pernah bermimpi ke Praha, itu kota yang indah,” lanjutnya.

Sementara itu Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, Jarolav Doleček mengaku baru menjabat sebagai Duta Besar selama tiga bulan. Dia juga pernah ke Jawa Barat pada 1 Maret 2021 lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan