oleh

Demokrasi di Indonesia Sudah Berjalan Baik? Ini Hasil Survei IPRC

BANDUNG – Kebijakan demokrasi yang diusung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama era reformasi sudah berjalan sepanjang 23 tahun.

Namun, pada kenyataannya dinamika dari demokrasi itu sendiri masih begitu fluktuaktif dan konsolidasi pun sulit tercapai.

Bahkan berdasarkan tren Freedom In The World 2021 (Freedom House): Democracy Under Siege. Indonesia berada dalam status partly free (59/100) terendah dalam 5 tahun terakhir.

Terlebih dalam 2 tahun terakhir saat ditempa wabah pandemi Covid-19, banyak prioritas politik yang berubah.

Baca Juga:  Tidak Ada Kuota Haji untuk Indonesia, DPR: Akhiri Isu Gagal Diplomasi

Sebuah survei yang dilakukan lembaga kerja Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) menyebutkan dalam hal persepsi demokrasi, dan penilain kinerja pemerintah masyarakat Indonesia di Jawa Barat menyatakan kesetujuan dan kepuasannya.

Survei yang dilakukan pada rentang waktu 20-30 April 2021 tersebut mengambil sampel wawancara dari 396 orang yang tersebar di 9 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Mayoritas  responden tidak menolak atau setuju dengan sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia, sebagian besar dari responden menganggap tidak ada tantangan antara demokrasi dan nilai-nilai Islam.

Baca Juga:  Dugaan Impor Emas Senilai Rp 47 Triliun Jadi Sorotan DPR

Ditambah lagi mereka juga menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi. Bahkan tingkat kepuasan terhadap Pemerintah Pusat mencapai angka 59,6 persen, sementara pada tingkat kepuasan pemerintah daerah Jawa Barat berada angka 76,5 persen.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga